Sponsors Link

Aritmia Jantung : Pengertian dan Jenis

Salah satu komponen atau organ yang sangat penting fungsi dan keberadaanya dalam tubuh kita adalah jantung. Sobat semua tentunya sudah tidka asing lagi ya dengan oragn yang satu ini. Adapun fungsi dari janutng tersebut yakni sebagai organ dalam tubuh kita yang bertugas untuk memopa darah ke seluruh bagian dalam tubuh kita,

sehingga tubuh kita teraliri darah secara merata sesuai denan fungsinya masing –  masing sesuai ritme jantung manusia. Jantung ini sendiri terdiri dari serambi dan juga bilik. Serambi adalah tempat penampungan darah. Setelah ditampung, maka darah tersebut akan dikirim ke bilik untuk selanjutnya dipompokan ke seluruh tubuh kita.

Berbicara mengenai jantung, ada salah satu jenis penyakit pada jantung atau kelainan jantung pada manusia yang cukup membahayakan sobat, yakni aritmia. Aritmia ini sendiri merupakan gangguan irama atau denyut pada jantung. Masalah tersebut seperti organ jantung yang berdetak terlalu kencang,

terlalu lambat atau juga tidak teratur. Aritmia ini terjadi karena impuls elektrik yang berfungsi untuk mengatur detak jantung, namun tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa jenis Aritmia secara umum. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini :

  • Bradikardia

Yakni kondisi jantung berdetak lebih lambta atau tidak teratur

  • Blok Jantung

Yakni kondisi ketikan jantung berdetak lebih lambat yang menyebabkan seseorang menjadi pingsan

  • Takikardia Supraventrikular

Yakni kondisi ketika jantung berdenyut secara tidak normal

  • Fibrilasi Atrium

Yakni kondisi ketikan jantung berdetak sangat cepat, bahkan pada saat seseorang sedang beristirahat.

  • Fibrilasi Ventikel

Yakni jenis arimia yang dapat menyebabkan penderitanya kehilangan kesadaran atau kematian mendadak akibat detak jantung yang terlau cepat dan tidak teratur. Diantara semua artimia, aritmia yang satu inilah yang paling berbahaya, yang bisa menyebablan kematian.

Itulah sobat beberapa jenis aritmia yang pada umumnya terjadi pada manusia. Setelah mengetahui jenis dari aritmia tersebut, ada bainya anda juga mengetahui apa saja penyebab terajdinya artimia tersebut. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  • Ketidakseimbangan Kadar Elektrolit Dalam Darah

Kadar elektrolit seperti kalium, natrium, kalsium, dan magnesium dalam tubuh seseorang, makan akan berpotensi menganggu kondusi impuls listrik pada jantung, sehingga hal ini bisa menyebabkan terjaidnya artimia.

  • Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol

Apabila seseorang mengonsimsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, maka hal tersebut bisa mempengaruhi impuls listrik jantung dalam tubuh, sehingga hal ini akan beresiko meningkatkan fibrilasi atrium pada jantung.

  • Penggunaan Narkoba

Penggunaan obat –  obatan terlarang seperti amfetamin dan juga kokain dapat mempengaruhi kinerja jantung secara langsung, sehingga hal ini tentunya akan mempengaruhi terjadinya peningkatan fibrilasi ventrikel dna juga jenis aritmia pada jantung yang lainnya.

  • Penggunaan Obat – Obatan

Pada beberapa obat batuk pilek yang dijual bebas di apotek atau warung –  warung, dapat berefek samping pada tubuh, terutama pada aritmia pada jantung.


  • Terlalu Banyak Konsumsi Kafein dan Nikotin

Apabila anda mengonsumsi terlalu bnayak kafein dan nikotin seperti kopo dan rokok, maka akan menyebabkan resiko jantung anda berdetak lebih cepat dan kencang dari yang normalnya.  Hal ini  tentunya dapat berkontirbusi terhadap terjadinya aritmia pada jantung.

Itulah sobat ulasan singkat mengenai aritmia pada jantung yang bisa penulis share buat sobat semua. Tetap jaga kesehatan jantung anda, atur pola makan yang sehat dan teratur, serta rajin berolahraga agar kesehatan anda terjaga dan bahagis selalu. Salam sehat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors