Sponsors Link

8 Fungsi Sistem Endokrin Terlengkap Beserta Penjelasannya

Sistem endokrin secara umum merupakan sistem yang berfungsi untuk mengatur kerja kelenjar sehingga menghasilkan hormon tertentu yang akan dimanfaatkan untuk mengatur sistem saraf pada tubuh manusia. Kali ini akan membahas fungsi sistem endokrin namun dilihat dari fungsi masing-masing kelenjar yang ada dalam sistem endokrin. Berikut ini fungsi sistem endokrin berdasarkan kelenjar – kelenjar yang ada dalam sistem endokrin pada manusia.

1. Kelenjar Tiroid

Siapa yang tidak kenal dengan kelenjar tiroid yang satu ini. Kelenjar yang termasuk dalam sistem endokrin yang terletak di bawah jakun dan trakea ini dapat menghasilkan hormon tiroksin. Hormon tiroksin pada kelenjar tiroid banyak mengandung yodium yang berfungsi untuk metaboliseme tubuh dan mengatur suhu tubuh. Penyakit yang menyebabkan seseorang bisa kekurangan dan kelebihan pada kelenjar tiroid adalah munculnya metabolisme tubuh dan lambat dan seseorang mudah merasa gugup, gelisah dan demam karena metabolisme tubuh cepat.

2. Kelenjar Paratiroid

Setelah kelenjar tiroid, ada yang disebut dengan kelenjar paratiroid. Kelenjar ini berdekatan dengan kelenjar tiroid sehingga letaknya tidak jauh dari kelenjar tiroid. Fungsi dari kelenjar ini adalah mengatur kadar fosfor dan kalsium pada darah. Seseorang yang mengalami kekurangan dan kelebihan kelenjar paratiroid akan mengalami yang namanya urine yang banyak mengandung fosfor dan kalsium serta kemampuan tulang seseorang yang mudah patah.

3. Kelenjar Pankreas

Hormon insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas ini dapat membantu konsentrasi glukosa dalam darah. Kekurangan hormon insulin akan menyebabkan penyakit diabetes sedangkan kelebihan hormon insulin akan menyebabkan glukosa akan berubah bentuk menjadi glikogen. Letak kelenjar pankreas pada tubuh manusia berada pankreas.

4. Kelenjar Gonad

Namanya yang asing ditelinga kita sebenarnya kelenjar ini memiliki banyak manfaat. Manfaat khusus yang terlihat dengan kehadiran kelenjar gonad adalah munculny perubahan fisik laki – laki dan perempuan terutama pada bagian alat kelamin. Mengapa kelenjar gonad dapat mempengaruhi alat kelamin pada laki – laki dan perempuan ?. Pertama karena kelenjar ini mensekresi hormon seks dan memproduksi sel – sel kelamin.

5. Kelenjar Pinealis/Pineal

Terletak di bagian otak besar, kelenjar pineal memiliki fungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang diterima seseorang. Dengan demikian kelenjar pinealis memiliki fungsi lain yaitu membantu mengatur pola tidur seseorang. Anda yang mengalami gangguan pada kelenjar pinealis, biasanya akan merasakan kesulitan ketika tidur, menjadi penduga pada beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dan neurodegeneratif.


6. Kelenjar Timus

Pelindung dan kelenjar yang memproduksi sel untuk mencegah anda terserang penyakit dan infeksi ini terletak diantara bagian belakang tulang dada dan jantung. Dengan demikian kelenjar timus mempengaruhi kerja antibodi dalam tubuh. Mereka yang mengalami masalah pada kelenjar timus akan  mengalami kesusahan dalam menggerakan otot – otot pada tubuh seperti berekspresi, menelan, mengunyah dan berbicara dan bisa berdampak jangka panjang jika tidak ditangani.

7. Kelenjar Adrenalin

Bentuknya yang seperti bola terletak di bagian ginjal ini memiliki 1 kelenjar suprarenal. Nama lain kelenjar adrenal yang bisa anda sebut sebagai kelenjar anak ginjal atau kelenjar suprarenal. Hormon yang dihasilkan dari kelenjar anak ginjal adalah menghasilkan hormon kortison yang dapat membantu menjaga hormon keseimbangan metabolisme garam natrium, kalium dan keseimbangan hormon seks serta metabolisme karbohidrat.

Pada sebagian orang, jika mengalami kelainan di kelenjar adrenalnya maka akan mengalami gejala kelelahan, nafsu makan berkurang, mual, muntah dan tubuh terasa sakit. Adapun gejala lain yang nampak pada bagian fisiknya adalah melebarnya pupil mata, kelopak mata terbuka, rambut berdiri sendiri dan pelebaran pada saluran bronkiolus.


8. Kelenjar Endokrin

Kelenjar yang tidak bekerja dengan sendirinya ini, sebenarnya dapat berfungsi jika ada kelenjar lain yang ikut membantu. Beberapa kelenjar yang membantu kinerja kelenjar endokrin adalah, kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar pankreas, kelenjar adrenal dan kelenjar gonad. Kelenjar endokrin akan menghasilkan hormon yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. Letak kelenjar endokrin pada tubuh manusia sebenarnya banyak mulai dari kepala sampai organ kelamin terdapat kelenjar endokrin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi teman – teman sekalian. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, ,




Oleh :
Kategori : Manusia