Sponsors Link

6 Fungsi Tulang Belikat dan Letaknya

TULANG BELIKATTulang belikat atau biasa di sebut sebagai scapula merupakan tulang  yang dapat kita jumpai pada bagian bahu  manusia dengan ciri ciri bentuknya pipih seperti segitiga. Tulang ini terletak di bagian belakang  tulang rusuk atas , yang dapat digunakan sebagai penghubung  antara tulang humerus (tulang lengan) dengan tulang klavikula.

Untuk ciri cirinya yang lainnya tulang scapula ini memperlihatkan dua permukaan (fascia),tiga sudut (angulus) dan juga tiga sisi (margo).

baca juga :

Permukaan pada bagian tulang scapula ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Permukaan anterior

Permukaan anterior ini disebut sebagai  fosa subs-kapularis yang letaknya paling dekat dengan iga dan juga sebagai tempat melekat nya otot subscapiluralis.

2. permukaan posterior

Permukaan posterior ini  terdiri atas beberapa belebas yang memiliki sebutan sebagai “ spina” dari scapula yang dapat berjalan menyebrangi permukaan spina sampai dengan  berakhir menjadi proses akronium  yang dapat menutupi sendi bahu, belebas ini di bagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Proseus Akronium

Yang dapat menutupi sendi bahu, belebas ini di bagi menjadi beberapa bagian yaitu fossa suprapinosus dan juga fossa infraspinosus. Pada manusia dan juga hewan pemakan daging (karnivora) memiliki sedikit perbedaan tentang tulang scapulan nya yaitu pada ujungnya terdapat acroniom.

  • Processus Coracoideus

Yang merupakan tonjolan dari asalnya dari bagian utama scapula itu sendiri yang juga ditempeli oleh beberapa otot salah satunya yaitu otot coracobrachialis. (baca juga :Cara Kerja Jantung)

Fungsi Tulang Belikat

Tulang belikat juga memiliki fungsi tersendiri untuk tubuh manusia, salah satu dari fungsi tulang belikat yaitu :

  1. Sebagai lampiran untuk beberapa otot
  2. Sebagai lampiran untuk tenden yang ada pada lengan
  3. Sebagai lampiran untuk tenden yang ada pada leher
  4. Sebagai lampiran untuk tenden yang ada pada dada
  5. Membantu untuk melakukan pergerakan pada bagian tangan dan diisi juga dengan otot sehingga memiliki permukaan yang kuat.
  6. Membantu untuk melakukan pergerakan pada bagian bahu dan diisi juga dengan otot sehingga memiliki permukaan yang kuat.

Pada bagian permukaannya memiliki bentuk yang tidak sama terutama pada bagian tulang belakang  yang dapat menyebabkan kepala menahan dua proses yaitu proses :

  • Acromion

Memiliki ciri agak besar dan juga persegi panjang segitiga yang mana sebagai lanjutan dari tulang scapula yang berkaitan dengan artikulasi klavikula untuk membentuk sendi acromioclavicular yang dapat membentuk ujung bahu.

  • Coracoid

Dapat membentuk lengkungan yang dapat melengkung pada arah atas dan juga bawah tulang selangka. (baca juga : Fungsi Sel Darah Merah)

Pelekatan

Berikut merupakan otot otot yang melekat pada scapula dan berikut ini merupakan penjelasan singkatnya:

  1. Otot pectoralis minor : otot jenis ini merupakan otot dada yang  bisa menaikan otot tulang belikat dan juga menekan bahu.
  2. Otot coracobrachialis : otot ini merupakan otot terkecil dari dua otot yang lainnya yang melekat pada  processus coracoideus. Dua otot ini yakni pectroralis minor dan juga otot biceps. Otot ini letaknya pada bagian atas dan medial lengan.(baca juga : Alat Reproduksi Pria)
  3. Otot serratus anterior : otot ini biasa disebut sebagai otot  gergaji depan yang berpangkal di bagian iga I sampai dengan iga IX lalu menuju kepada iga sisi tengah tulang belikat. Dari sisi tengah ini hanya sebagian kecilnyasaja untuk kebanyakan berada menuju ke bawah.
  4. Otot triceps brachii : otot yang berorigo pada ketiga tempat, tempat tersebut yaitu: caput longum,medial dan juga lateralis untuk itulah disebut sebagai otot yang memiliki atau berkepala tiga. Untuk pelakatan itu sendiri otot triceps branchi longum lah yang melekat pada tulang scapula.(baca juga : Fungsi Otak Kiri)
  5. Otot biceps brachii : otot yang biasanya ditunjukan oleh para binaragawan ini  merupakan jenis otot yang besar yang memiliki kepala dua hal ini dikarenakan otot ini berorigo pada 2 tempat yang sangat berbeda. Untuk tempat tersebut yaitu capus longum dan juga caput brevis. Perbedaan untuk keduanya yaitu panjang dan pendeknya. Untuk jenis pelekatan pada scapula ini menggunakan otot biceps branchii caput longum.
  6. Otot subscapularis : otot ini masuk ke dalam salah satu otot yaitu otot rotator cuff yang mana otot ini merupakan otot terkecil yang ada di bagian lengan atas. Pengambilan nama subscapularis ini terjadi karena tempat pelekatan pada otot ini terjadi di fossa supraspionosus.(baca juga : Bahaya Hemofilia)
  7. Otot rhomboideus major : secara keseluruhan otot rhomboideus merupakan otot yang dapat menyebabkan terjadinya retraksi pada bagian scapula. Hal ini yang menyebabkan tubuh kita ketika lama berdiri tegak akan terasa nyeri. Untuk otot homboideus major itu sendiri melekat pada tulang scapulanya pada bagian lengan atas yang mana berorigo pada procecuss spinosus thorax kedua hingga kelima pada bagian tulang belakang.
  8. Otot rhomboideus minor : untuk otot yang minor ini sendiri pelekatannya ada pada bagian lengan atas. Perbedaan ini terletak pada thorax yaitu pada otot ini thorax pertama dan juga pada bagian bawah ligament um nuchae serta processus spinosus tulang belakang bagian leher yang ke tujuh.(baca juga : Fungsi Otatk Kanan)
  9. Otot levator scapulae : otot yang melekatnya pada bagian punggung dan juga leher
  10. Otot trapezius : otot ini difungsikan sebagai penyusun struktur pada punggung manusia. Pemberian nama trapezius ini karena menyerupai bentuk trapezium, memiliki sudut sudut yang ada di leher yang berjumlah 3 ,kedua sudut ada pada bagian bahu dan di tulang punggung.(baca juga : Fungsi Enzim Tripsin)
  11. Otot deltoideus : penamaan deltoideus ini dikarenakan bentuknya mirip sekali dengan alphabet  yunani yaitu delta yang berarti segitiga. Otot ini memberikan bentuk bulat pada struktur tubuh manusia. Otot ini disusun oleh beberapa serat yaitu : serat anterior( clavikula),serat media(pinggir lateral)dan juga serat posterior.
  12. Otot supraspinatus : otot dengan ukuran yang kecil, pelekatannya terjadi pada lengan atas.
  13. Otot infraspinatus : disebut juga sebagai otot pemutar yang terjadi pada sendi bahu dan melekat pada adductor lengan di dalam scapula.
  14. Otot teres minor :  otot ini memiliki letak yang berdetakan dengan otot teres major dan otot ini melekat pada bagian bahu.(baca juga : Fungsi Bronkus)
  15. Otot teres major :  perbedaan yang terdapat pada otot teres minor dan juga major ialah otot major ini melekat pada bagian lengan atas.
  16. Otot omohyoideus : otot yang melekat pada pinggir atas pada bagian scapula,yang memiliki fungsi menarik dan menekan ke bawah pada bagian hyoid.

Tubuh scapula

Punggung dan kosta ini merupakan 2 permukaan yang dapat membentuk tulang punggung. Dari bentuk proses segitiga yang luar biasa ini dibentuklah dua fossae yang disebut tulang skapula.Sebagai pembatas yang melintasi permukaan dorsal dengan arah tubuh miring kea rah lateral dan sedikit ke bagian atas. Pembentangan yang di lakukan dari perbatasan vertebrata terhadap pusat tepi glenoid posterior ini dilakukan oleh tulang belakang.

Kedudukan yang paling besar atau biasa disebut scapular ini yaitu dengan memisahkan bagian tulang belakang scapula dengan tepi glenoid. Pada kedudukan scapular ini pemuluh scapular mlintang dan juga saraf dari supra-scapular sedangkan untuk tulang belakang ini sendiri untuk permukaan dorsal ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu fossa supraspinata dan juga fossa infraspinous. Kedua dari fossa ini dihubungan satu dengan yang lainnya melalui satu kedudukan scapular ini yang mana pada permukaan pada dorsal ini memiliki tepi atas dan juga tepi bawah yang sangat berbibir sehingga dapat dengan mudah melayani untuk penyisipan trapezium dan juga deltoid pada masing masing asalnya.

baca juga :

Untuk fase fossa  subskapularis ini memiliki batas medial yang terbentuk dari tepi bibir anterior  yang terdapat pada margin vertebral yang dapat memberikan serat serat dari penyisipan otot sepanjang dari serat itu sendiri. Untuk daerah penyisipan pada otot ini  terdapat pada lantai fossa subskapularis  yang mana otot subscapularisnya terpasang pada persimpangan tendon otot yang meninggalkan jejak mereka pada permukaan ini tulang dalam serangkaian tiga atau empat baris kasar yang berkumpul menuju pada bagian leher

Penulangan Scapula

Osifikasi ( proses pembentukan tulang) ini diawali dengan  bagian di dalam tubuh scapula  pada 2 bulan proses di dalam kehidupan janin.Pada Saat melahirkan  tulang tulang  kondisinya masih rawan seperti melahirkan kepala,leher,badan,tulang belakang, dan juga proses coracoid yang terdefinisikan secara baik yang di dalamnya terdapat margin vertebral,sudut inferior ,rongga glenoid,akronim dan juga proses dari coracoid itu sendiri.

Pada tahun pertama memunculkan pusat untuk bagian atas dan juga interior dari coracoid sedangkan untuk fusi pada sepanjang garis miring ini terkemuka dari tepi paling atas rongga genoid ke pada tubekulum conoid yang selesai  pada tahun ke lima belas. Untuk acromion itu sendiri walaupun usia manusia  itu sudah pubrtas makan akronim ini masih tetap bersifat rawan.(baca juga : Gigantisme )

Batas scapula

Pada tulang selukat ini memiliki perbatasan sehingga masih dalam batas tertentu masih di sebut dengan scapula.


1. Perbatasan vertebralis

Merupakan perbatasan yang paling panjang yang terdiri  dari 3 perbatasan scapula. Perbatasan ini membentang dari sudut medial (sudut medial yang panjang atau persegi panjang ) dan juga sudut inferior ( sudut yang mendukung proses coracoid dan juga rongga glenoid ). Perbatasan vertebral ini digunakan untuk menyisipkan scapula levator,rhomboid otot utama dan juga kecil.
Untuk maksud dari rongga glenoid itu sendiri adalah  rongga yang letaknya tidak terlalu dalam dan juga memberikan lampiran pada labrum glenoid untuk membantu memperdalam soket pada bagian kepala dimana terletaknya tulang humerus.(baca juga : Fungsi Atrium Kanan)

2. Perbatasan unggul

Perbatasan yang mempunyai ciri tipis dan juga tajam. Perbatasan ini berjalan ari sudut medial menuju kepala akar dari proses coracoid (merupakan bagian terkecil dari tepi lateral yang berfungsi untuk menstabilitaskan sendi pada bahu).Sebelumnya, untuk mencapai proses coracoid harus melewati kedudukan scapular yang sangat dekat dengan sisi medial dasar dari proses itu sendiri yang kemudian dapat diubah menjadi foramen oleh ligament atau terkadang oleh spicule tulang, membagikan atau mentransmisikan saraf supraskapular dan sementara untuk arteri supraskapular dapat berjalan diatas nya.

3. Perbatasan Lateral

Disebutnya perbatasan ini karena dari hubungannya berbentuk lekukan lekukan dan juga memanjang dari sudut lateral menuju kepada sudut inferior. (baca juga :Cara Kerja Usus Besar).

Begitu saja akhir dari penjelasan yang dapat saya paparkan,hal yang bisa disimpulkan dari artikel ini ialah bahwa tulang belikat ini difungsikan untuk membantu pergerakan pada bagian tangan sehingga membuat tangan kita mudah sekali untuk melakukan pergerakan.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia