Sponsors Link

10 Rantai Makanan di Sawah dan Penjelasannya

Rantai makanan di sawah adalah suatu peristiwa atau kegiatan makan dan dimakan, proses mangsa dan dimangsa pada makhluk hidup antara satu dengan yang lainnya dengan urutan dan arah tertentu. Dalam urutan-urutan tersebut masing-masing mahluk hidup berperan sesuai dengan posisi, kedudukan dan kemampuannya masing-masing.

Yakni, ada yang mempunyai peranan sebagai produsen, ada yang mempunyai peranan sebagai  konsumen,  dan  ada pula yang mempunyai peranan sebagai pengurai. Dalam proses makan dan dimakan ini terjadi perpindahan energi dari produsen ke konsumen lalu ke pengurai atau dapat diartikan dengan perpindahan  energi  makanan  dari  sumber  daya tumbuhan  melalui  tahap-tahap  jenjang  makan. (silahkan baca : fungsi dinding sel pada tumbuhan)

Rantai makanan itu selalu diawali dan dimulai dari tumbuhan hijau yang mempunyai peranan sebagai produsen. Dalam rantai makanan, tumbuhan hijau pasti akan dimakan oleh herbivora (hewan pemakan tumbuhan) sehingga herbivora disebut konsumen tingkat pertama. Herbivora akan dimakan oleh karnivora (hewan pemakan hewan lainnya) sehingga karnivora disebut konsumen tingkat kedua dan seterusnya.

Baca juga :

Pengurai mendapatkan energi dari produsen dan konsumen yang telah mati. Rantai makanan termasuk suatu bagian penting dari jaring-jaring makanan, di mana rantai makanan bergerak secara linear dari produsen ke konsumen paling atas. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai rantai makanan yang terjadi di sawah. (silahkan baca : fungsi daun pada tumbuhan)

Berikut pembahasan tentang istilah-istilah dalam rantai makanan di sawah :

Produsen

Makhluk hidup yang mampu dan sanggup menghasilkan makanan untuk memenuhi kebutuhan makanannya sendiri disebut dengan produsen. Tumbuhan hijau yang berfungsi sebagai produsen dapat hidup dengan membuat makanannya sendiri. Konsumen tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga hidupnya tergantung pada produsen.

Demikian pula dengan pengurai yang umumnya golongan mikroorganisme, hidupnya sangat tergantung dari produsen dan konsumen yang telah mati. Hasil penguraian organisme yang telah mati akan dikembalikan ke tanah dalam bentuk mineral, yang akhirnya akan digunakan kembali oleh tumbuhan berklorofil. (silahkan baca : fungsi dinding sel pada tumbuhan)

Konsumen

Anggota rantai makanan pada tingkat konsumen dibagi menjadi konsumen 1, 2, 3 dan seterusnya sampai yang teratas. Berikut penjelasan tentang konsumen :

  • Konsumen I

Konsumen I atau disebut juga konsumen primer adalah konsumen yang akan memakan tumbuhan secara langsung sehingga disebut dengan konsumen primer. Contoh dari hewan ini adalah hewan-hewan pemakan tumbuh-tumbuhan hijau seperti belalang, keong mas, tikus, burung pemakan biji-bijian dan sebagainya. (silahkan baca : fungsi otak kanan)

  • Konsumen II

Konsumen II atau konsumen sekunder adalah hewan yang memakan konsumen tingkat pertama. Contoh hewan dalam konsumen II adalah burung pemakan serangga, katak yang memakan belalang, dan hewan-hewan karnivora lainnya. (silahkan baca : bagian-bagian neuron)

  • Konsumen III

Konsumen III atau konsumen tersier adalah hewan-hewan yang memakan hewan pada konsumen II. Contoh hewan pada tingkat ini adalah ular yang memakan katak dan tikus. (silahkan baca : fungsi otak kiri)

  • Konsumen IV

Konsumen IV atau konsumen puncak adalah hewan yang memakan hewan pada konsumen tingkat ketiga. Contoh hewan ini adalah elang yang memakan ular. Sesuai pada penjelasan di atas bahwa jumlah produsen harus lebih banyak dari konsumen tingkat satu, dan konsumen tingkat satu lebih banyak dari konsumen tingkat kedua dan seterusnya. Sehingga rantai makanan dapat terus berjalan. (silahkan baca : sistem pernapasan mamalia)

Pengurai

Pengurai atau dekomposer adalah organisme heterotroph yang mampu menguraikan bahan organik berasal dari organisme mati untuk mendapatkan energi. Contoh organisme ini adalah bakteri dan jamur. (silahkan baca : fungsi hati manusia)

Berikut adalah beberapa contoh mengenai rantai makanan yang ada di sawah :

  • Energi matahari – Padi – Burung pemakan biji – Ular sawah – Elang – Pengurai

Penjelasannya : tumbuhan padi membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga menghasilkan buah dari padi itu sendiri. Padi disini berperan sebagai produsen. Pada saat musim panen biasanya banyak burung pemakan biji yang datang untuk memakan padi. Burung pemakan biji berperan sebagai konsumen tingkat pertama.

Burung pemakan biji akan dimakan oleh Ular sawah yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Kemudian ular sawah akan dimakan oleh burung elang yang berperan sebagai konsumen tingkat ketiga. Selanjutnya burung elang yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : bagian-bagian bunga dan fungsinya)


  • Energi matahari – Rumput – Serangga – Tikus – Ular sawah – Pengurai

Penjelasannya : rumput membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga rumput bisa tumbuh dengan subur. Rumput disini berperan sebagai produsen. Rumput yang subur adalah rumah sekaligus makanan utama bagi serangga. Serangga berperan sebagai konsumen tingkat pertama.

Serangga akan dimakan oleh tikus yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Kemudian tikus akan dimakan oleh ular sawah yang berperan sebagai konsumen tingkat ketiga. Selanjutnya ular saah yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : hewan mamalia)

  • Energi matahari – Padi – Tikus – Elang – Pengurai

Penjelasannya : tumbuhan padi membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga menghasilkan buah dari padi itu sendiri. Padi disini berperan sebagai produsen. Pada saat musim panen biasanya banyak tikus yang datang untuk memakan padi. Tikus berperan sebagai konsumen tingkat pertama.

Tikus akan dimakan oleh burung elang yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Selanjutnya burung elang yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : pengelompokan hewan)

  • Energi matahari – Padi – Serangga – Katak – Ular sawah – Elang – Pengurai

Penjelasannya : tumbuhan padi membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga menghasilkan buah dari padi itu sendiri. Padi disini berperan sebagai produsen. Pada saat padi tumbuh dengan subur dan lebat daunnya biasanya banyak serangga yang datang untuk tinggal sekaligus memakan daun-daun padi itu.

Serangga berperan sebagai konsumen tingkat pertama. Serangga akan dimakan oleh katak yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Kemudian katak akan dimakan oleh ular sawah yang berperan sebagai konsumen tingkat ketiga.

Lalu ular sawah akan dimakan oleh burung elang yang berperan sebagai konsumen tingkat empat. Selanjutnya burung elang yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : jenis-jenis kelinci)

  • Energi matahari – Padi – Keong mas – Katak – Ikan – Ular sawah – Pengurai

Penjelasannya : tumbuhan padi membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga menghasilkan buah dari padi itu sendiri. Padi disini berperan sebagai produsen. Pada saat padi tumbuh dengan subur dan lebat daunnya biasanya banyak keong mas yang datang untuk tinggal sekaligus memakan daun-daun padi itu. Keong emas berperan sebagai konsumen tingkat pertama.

Keong mas akan dimakan oleh katak yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Kemudian katak akan dimakan oleh ikan yang berperan sebagai konsumen tingkat ketiga. Lalu ikan akan dimakan oleh ular sawah yang berperan sebagai konsumen tingkat empat. Selanjutnya ular sawah yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : jenis-jenis anjing)

  • Energi matahari – Tanaman Padi – Belalang – Belut – Pengurai

Penjelasannya : tumbuhan padi membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga menghasilkan buah dari padi itu sendiri. Padi disini berperan sebagai produsen. Pada saat padi tumbuh dengan subur dan lebat daunnya biasanya banyak belalang yang datang untuk tinggal sekaligus memakan daun-daun padi itu.

Belalang berperan sebagai konsumen tingkat pertama. Belalang akan dimakan oleh belut yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Selanjutnya belut yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : daur hidup kupu-kupu)

  • Energi matahari – Tanaman Padi – Belalang – Belut – Manusia – Pengurai

Penjelasannya : tumbuhan padi membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga menghasilkan buah dari padi itu sendiri. Padi disini berperan sebagai produsen. Pada saat padi tumbuh dengan subur dan lebat daunnya biasanya banyak belalang yang datang untuk tinggal sekaligus memakan daun-daun padi itu.

Belalang berperan sebagai konsumen tingkat pertama. Belalang akan dimakan oleh belut yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Kemudian belut akan dimakan oleh manusia yang berperan sebagai konsumen tingkat ketiga. Selanjutnya manusia yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : fungsi membran sel pada hewan)

  • Sisa Tanaman Padi – Sapi – Manusia – Pengurai

Penjelasannya : sisa tumbuhan padi hasil panen biasanya ditumpuk dan dimanfaat untuk memberi makan ternak. Sisa tumbuhan padi disini berperan sebagai produsen. Sisa tanaman padi akan dimakan oleh sapi. Sapi berperan sebagai konsumen tingkat pertama. Sapi akan dimakan oleh manusia yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Selanjutnya manusia yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : bagian-bagian mata)

  • Sisa Tanaman Padi – Kerbau – Manusia – Pengurai

Penjelasannya : sisa tumbuhan padi hasil panen biasanya ditumpuk dan dimanfaat untuk memberi makan ternak. Sisa tumbuhan padi disini berperan sebagai produsen. Sisa tanaman padi akan dimakan oleh kerbau. Kerbau berperan sebagai konsumen tingkat pertama. Kerbau akan dimakan oleh manusia yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Selanjutnya manusia yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silahkan baca : bagian-bagian otak manusia)

  • Energi matahari – Padi – Belalang – Burung Kutilang – Elang – Pengurai

Penjelasannya : tumbuhan padi membutuhkan pasokan sinar matahari untuk proses fotosintesis (proses memasak makanan) sehingga menghasilkan buah dari padi itu sendiri. Padi disini berperan sebagai produsen. Pada saat padi tumbuh dengan subur dan lebat daunnya biasanya banyak belalang yang datang untuk tinggal sekaligus memakan daun-daun padi itu.

Belalang berperan sebagai konsumen tingkat pertama. Belalang akan dimakan oleh burung kutilang yang berperan sebagai konsumen tingkat kedua. Kemudian burung kutilang akan dimakan oleh burung elang yang berperan sebagai konsumen tingkat ketiga. Selanjutnya burung elang yang mati akan terurai sekaligus menjadi proses terakhir dari rantai makanan tersebut. (silangkan baca : jenis-jenis sumber daya alam)

Sampai disini dulu, itulah sedikit pembahasan dan penjelasan mengenai rantai makanan di sawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Ekosistem