Sponsors Link

Hormon Vesopresin Manusia : Pengertian, Manfaat, Cara Kerja

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, ada begitu banyak jenis hormon yang terdapat dalam tubuh kita misalnya macam hormon tubuh yang berperan dalam kebahagiaan manusia. Sama halnya dengan hormon yang terdapat pada hewan maupun tumbuha yang lainnya. Namun meksi terdapat ada begitu banyak jenis hormon tersebut, tentunya hormone tersebut

memiliki peranan atau funsgsi yang berdeda-beda satu dengan yang lainnya yang meski demikain satu dengan  yang lainnya hormon tersebut memiliki tujuan yang sama dalam tubuh kita, yakni untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan  tubuh kita secara keseluruhan.

Salah satu jenis hormon yang tergolong sangat penting peranannya dalam tubuh kita adalah hormon vesopresin yang berperan dalam sistem kerja alat ekskresi ginjal. Jenis hormon yang satu ini disebut juga sebagai hormon ADH atau Antidiurentic Hormone. Hormon vesopresin ini disimpan oleh tubuh pada posterior pituary lobe

dan dihasilkan di hipotalamus. Air yang diserap oleh hati diatur oleh Hormon Vesopresin ini. hormon vesopresin ini erat seklai hubungannya dengan ginjal karena semakin banyka air yang diserap oleh ginjal, maka akan semkain banyak pula vesopresin yang akan diproduksi.

  • Apa Saja Fungsi Hormon Vesopresin Tersebut ?

Adapun beberapa fungsi dari hormon vesopresin tersebut yakni berhubungan dengan hormon yang berperan dalam sistem ekskresi manusia antara lain adalah sebagai berikut :

1. Memelihara Kadar Darah Agar Selalu Normal

Untuk menjaga kadar darah tetap dalam batas yang normal, maka tubuh anda sangat memerlukan peranan dari hormon vesopresin yang satu ini untuk mengatasinya. Karena salah satu manfaat dari hormon vesopresin ini adalah untuk menjaga kadar darah agar selalu dalam kondiis yang normal, oleh karena itulah hormon vesopresin ini sangat erat kaitannya dengan ginjal anda.

2. Memelihara Kesehatan Otak

Dengan adanya hormon vesopresin maka kesehatan otak anda pun akan bisa dijaga. Ketika otak anda dalam kondisi tertekan ( stress ) hal ini menandakan kinerja dari hormon vesopresin tersebut sedang mengalami gangguan. Namun jika kinerja vesopresin tersebut terjaga, maka otak anda pun akan terjaga kesehatannya.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Kondisi hormon vesopresin yang berada pada kondisi normal dan kesehatan jantung yang normal, maka anda tidak akan beresiko mengalami sakit jantung. Untuk itu, anda perlu melakukan upaya agar hormon vesopresin ini tetap stabil dalam tubuh anda.

4. Memelihara Kesehatan Paru Paru

Hormon vesopresin yang satu ini juga sangat erat kaitannya untuk menjaga kesehatn paru-paru anda. Ketika kesehatan paru-paru anda terganggu, ada hubungannya bahwasanya hormon vesopresin dalam tubuh anda juga mengalami gangguan sehingga tidak berperan serta memelihara kesehatan paru-paru tersebut.

5. Memelihara Kesehatan Ginjal

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, hormon vesopresin ini sangat erat kaitannya dengan ginjal. Jika ginjal anda bermasalah itu artinya hormon vesopresin dalam tubuh anda pun ikut bermasalah sehingga tidak berperan aktif menjaga ksehatan ginjal tersebut.


  • Bagaimana Cara Kerja Hormon Vesopresin ?

Salah satu cara kerja hormon vesopresin terdapat pada ginjal, yaitu hormon vesopresin ini berperan untuk menjaga kesehatan dan kestabilan kadar darah dan air dalam tubuh, sehingga nanti pada akhirnya ginjal akan berperan kembali untuk menyaring zat kimia dalam tubuh yang nantinya akan dibuang melalui air seni.

Demikian sobat ulasan mengenai hormon vesopresin yang bisa penulis share informasinya buat anda. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dengan pembahasan yang lebih menarik tentunya. Salam sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia