Sponsors Link

Macam Hormon Tubuh yang Berperan dalam Kebahagiaan Manusia

Dalam setiap keadaan yang kita alami dalam tubuh kita sobat, entah itu pada saat bahagia, pada saat sedih, pada saat emosi, tertekan dan dalam keadaan yang lainnya tentunya hal tersebut tidaklah terlepas dari peranan hormon dalam tubuh kita. Hormon –  hormon tersebut tentunya memiliki peranan dan tanggung ajwab masing-  masing dalma tubuh kita guna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan utbuh dan sistem dalam tubuh kita.

Selain itu sobat, tentunya hormon juga berperan dalam hal kekebalan tubuh anda, sehingga anda bisa terjauhkan dari berbagai penyakit jika tubuh anda memproduksi hormon yang konon ikut serta berperan dakma kekebalan tubuh tersebut.

Dan yang tidak boleh anda lewatkan nih sobat, ada beberapa jenis hormon manusia yang berperan untuk membuat perasaan anda menjadi bahagia. Nah sobat, tentunya anda juga ingin dong bahagia? Lantas apa saja jenis hormon yang membuat perasaan kita menjadi bahagia, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Hormon Endorfin

Yang pertama adalah hormon endorfin. Adapun hormon endorfin ini merupakan zat kimia layaknya seperti morfin yang diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Pada saat hormon ini bekerja dalam  tubuh anda, maka akan memiliki efek untuk mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang dan juga bahagia.

Dengan anda mengonsumsi coklat, maka akan bisa membantu melepaskan endorfin yang akan memberikan rasa nyaman dan tenang pada tubuh anda. Selain itu anda juga mengonsumsi makan pedas untuk merangsang sekresi hormone endofrin tersebut.

2. Hormon Serotonin

Yang kedua adalah hormone serotonin. hormon serotonin ini merupakan hormon hasil konversi biokimia kombinasi tritopan dengan tritopan hidroksilase. Serotonin ini dipercaya dapat berperan sebagai pembawa sinyal antar jaringan pada saraf. Skeain berdampka pada mood, sebagai neutrotrasmitter, hormone serotonin juga berdampak pada fungsi organ –  organ lainnya seperti saluran pencernaan, pembekuan darah, kepadatan tulang, mual dan juga fungsi seksual pada anda.

4. Hormon Dopamin

Yang ketiga adalah hormon dopamin. Hormon dopamin ini merupakan kimiawi organik yang memiliki peran penting pada otak dan tubuh secara keseluruhan. Hormon dopamin ini akan berpengaruh kepada rasa menyenangkan dari rasanya jatuh cinta, gembira, motivasi, dan juga rasa percaya diri.

Pada pembuluh darah, hormon ini berfungsi sebagai vasodilator yaitu menjaga pembuluh darah teteap lebar.  Makanan yang mengandung hormon dopamin ini  yakni makanan yang mengandung vitamin B6 adalah seperti alpukat, kan tuna dan juga bayam. Anda juga boleh mencobanya ya sobat.

5. Hormon Oksitosin

Yang ketiga adalah hormon oksitosin. Hormon oktitosin ini  dikenal juga sebagai hormon cinta yang dipercaya dapat memberikan peran penting dalam tingkah laku manusia.  Hormon oktitosin ini sendiri berada pada hipotalamus dalam otak.  Dampak oktitosin ini juga terlihat pada  tingkah laku dan respon emosi yang terlihat untuk membangun ketenangan, keprcayaan, stabilitas, dan juga psikologi seseorang.

Selain itu sobat, hormon  oktitosin ini juga dianggap sebagai obat ajaib yang mampu meningkatkan perasaan positif serta kecakapan sosial.  Pada umumnya, untuk meningkatkan hormon oktitosin ini bisa anda dapatkan pada saat berpelukan, karena oktitosin dalam darah juga akan meningkat.


Itulah macam  hormon tubuh yang berperan dalam kebahagiaan manusia. Semua insan tentunya ingin merasakan kebahagiaan di muka bumi ini. Untuk itu tingkatanlah jenis hormon di atas dalam tubuh anda. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih dan salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors