Sponsors Link

6 Manfaat Biologis dari Berpelukan dan Penjelasannya

Berpelukan merupaka sebuah tindakan yang sering dilakukan ketika mereka bertemu dengan orang yang mereka sayangi. Meski berpeluka terdengar sepele, tapi tahukah kamu bahwa berpelukan ternyata punya manfaat biologis. Untuk anda yang belum tahu manfaatnya, simak penjelasannya dibawah ini.

1.Mengurangi Stres dan Tekanan Darah

Pelatih manajemen stres dan terapis Holistic Catherine A. Connors mengingatkan bagaimana kontak secara fisik dengan orang lain dapat membantu mengurangi stres.

Berpelukan, berciuman, atau kegiatan fisik yang bersentuhan lainnya meningkatkan level oksitosin, yang disebut hormon “ikatan”. Reaksi kimiawi ini bisa membantu mengurangi tekanan darah, yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan juga mengurangi stres dan rasa cemas. efek hormon stres kortisol pada metabolisme protein bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

2. Mengikat Ibu dengan Bayinya, juga Pasangannya

Berpelukan sehat untuk manusia karena faktor nyata berupa keterikatan emosi. Penelitian terbaru menunjukkan hormon oktitosin adalah neruropeptida yang sangat erat berhubungan dengan kelahiran bayi dan menyusui. Hormon ini mempunyai peranan secara biologis dalam hal ikatan antara ibu dan bayinya.

3. Melancarkan komunikasi

Tidak ada hubungan yang sempurna, bahkan pasangan yang paling sempurna sekalipun pasti pernah bertengkar, setidaknya sekali-dua kali. Setelah bertengkar, mungkin akan agak sulit untuk mulai berbaikan dan berbicara seperti biasa.

Anda mungkin takut akan menyinggung atau menyakiti perasaan pasangan Anda lagi sehingga Anda tidak tahu harus berbuat apa. Berikan pelukan hangat kepada pasangan Anda.

Seorang penasihat pernikahan terkenal yang bernama David Klow menyatakan bahwa pelukan adalah obat terbaik bagi pasangan yang ingin memperbaiki hubungan mereka.

Walaupun ini tentunya bukanlah solusi bagi masalah percintaan Anda, pelukan adalah awal yang baik untuk membantu meredakan rasa marah dan sakit hati.

4. Menciptakan kenyamanan

Ketika seorang anak menangis, mereka sering kali akan mengangkat kedua tangan mereka seolah-olah minta perhatian dan pelukan orang tua.Terkadang pelukan merupakan solusi mujarab untuk menghentikan tangisan dan ketakutan anak.

Tetapi tahukah Anda bahwa hal serupa juga dirasakan orang dewasa Berpelukan terbukti mampu membantu orang dewasa menenangkan diri dan menghadapi masalah yang dihadapinya.

Jadi, ketika seorang teman atau pasangan Anda sedang mengalami masa-masa sulit, peluklah dia sambil panjatkan doa agar dia dapat mengatasi masalahnya dengan sebaik-baiknya.


5. Membantu mengurangi rasa sakit

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika seseorang berada dalam dekapan pasangannya atau orang yang dikasihinya, tingkat rasa sakit yang dirasakan lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak dipeluk atau orang yang berada dalam dekapan orang yang tidak dikenalnya.

Interaksi fisik secara teratur dengan pasangan Anda tidak hanya akan menciptakan kemesraaan tetapi juga dapat mengurangi kesakitan dan kesedihan yang sedang Anda berdua alami.

6. Mendorong pertumbuhan mental yang sehat

Sebagai orang tua, Anda berkewajiban untuk memastikan anak-anak Anda bertumbuh dengan sehat. Gizi baik melalui makanan dan minuman sehat bermanfaat besar untuk pertumbuhan jasmani anak-anak.

Tetapi tahukah Anda bahwa pelukan bermanfaat besar untuk pertumbuhan mental anak-anak?

Bertentangan dengan keyakinan masyarakat modern bahwa seorang bayi harus dibiarkan sendiri ketika menangis agar dia mampu menenangkan dirinya sendiri, studi baru-baru ini menunjukkan bahwa tindakan ini sebenarnya malah akan menyebabkan kecemasan dan kepanikan ketika menghadapi perpisahan (separation anxiety) ketika bayi tersebut menjadi orang dewasa nanti.

Cara terbaik untuk menangani bayi atau anak yang menangis adalah dengan memeluknya dalam dekapan Anda sampai dia merasa nyaman atau kembali tidur. Anda mungkin merasa lelah dan kurang tidur, tetapi pengorbanan Anda sebagai orang tua yang baik akan membantu anak Anda mengembangkan sikap mental yang positif.


Ternyata ada begitu banyak manfaat yang diporeleh dari berpelukan. Yuk mulai dari sekarang rajin – rajinlah untuk memeluk orang – orang yang anda sayangi selagi masih bisa dan mereka masih ada.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai manfaat biologis dari berpelukan. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!