Sponsors Link

Sebab Reaksi Tubuh Menggigil Secara Biologi dan Penjelasannya

Sobat semua tentunya pernah merasa menggigil ya sobat. Pada umumnya kita akan merasakan hal seperti ini pada saat kita sedang merasakan  kedinginan.

Entah karena suhu udara yang ada di sekitar kita dingin, atau bisa juga pada saat kita terena hujan, dan setelah kita akan  merasa kedinginan. Namun menggigil ini merupakan hal yang wajar dan normal kita rasakan, karena menggigil tersebut merupakan salah satu cara dari tubuh kita untuk melindungi diri. 

Saat sedang merasa kedinginan tersebut, sering kali kita menggunakan jaket tebal dan juga baju yang hangat sebagai bentuk perlindugan bagi tubuh kita, sehingga sensasi kedinginan tersebut perlahan bisa hilang dari tubuh kita. dampak kelelahan pada sistem tubuh bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Jika menggigil dalam kondisi yang normal normal saja tentunya tak bermasalah bagi kita secara keseluruhan. Namun untuk di daerah yang memang tingkat kedinginannya cukup tajam, sebut saja seperti saat anda sedang di gunung, maka anda harus mengantisipasi terjadinya hypothermia agar tidak mengganggu ritem jantung pada manusia dan juga kemungkinan yang lainnya, yang bisa berakibat fatal tentunya bagi anda.

Lantas, apa sebab reaksi tubuh menggigil secara biologi dalam tubuh kita tersebut? Berikut ini penulis akan menyajkan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita dengan seksama.

1.Apa Sebab Reaksi Tubuh Menggigil Secara Biologi?

Pada suhu udara yang sangat dingin, maka tubuh kita akan bereaksi untuk melindungi diri dari suhu dingin tersebut agar suhu tubh tetap stabil tentunya.

Reaksi seperti ini disebut dengan homeostatis. Pada saat terjadi seperti inilah maka tubuh kita akan bereaksi secara biologi yakni dengan mengeluarkan hormon tiroid an juga epinerfina. Hormon ini sendiri dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan cara memecah lemak pada tubuh kita. 

Selain itu, penyebab yang lainnya adalah di bawah kulit kita juga terdapat vasokontriksi atau yang disebut dengan penyempitan pembuluh darah demi mencegah terlepasnya suhu panas dalam tubuh kita, sehingga tubuh kita tetap bisa memperhankan suhu panas tersebut sehingga tak terjadi hypothermia yang sangat berbahaya pada tubuh kita.

Sementara itu sobat, ada acara lain atau reaksi lain yang juga bisa dilakukan oleh tubuh kita melindungi diri akibat suhu dingin tersebut demi mencegah pecah atau keluarnya suhu panas dari dalam tubuh kita adalah  dengan cara membuat tubuh merinding atau dalam bahasa medisnya kita sebut dengan piloerection.

Oleh karena itulah merinding tersebut merupakan salah satu bentuk perlindugan dalam tubuh kita, yang mana pada saat terjadinya merinding tersebut maka bulu bulu halus kita akan ikut merinding. sebab reaksi merinding pada tubuh bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Lantas, Seberapa Penting Menggigil Tersebut Dalam Tubuh Kita?

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas sobat, reaksi menggigil tersebut sangtalah penting dalam tubuh kita karena sebagia bentuk perlindunga diri agar suhu panas dalam tubuh kita tidak pecah atau tidak hilang dari dalam tubuh kita.

Hal ini dikarenakan jika permukaan tubuh kita terlalu dingin, maka reseptor kulit akan menngirim sinyak ke otak, yang akan dikelompokkan menjadi serial gerakan trik pemanasan. Selain badan, maka otot rahang juga akan ikut gemetar.


Demikianlah ulasan mengenai sebab reaksi tubuh menggigil secara biologi tersebut yang bisa penulis sajikan untuk anda pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi refrensi untuk anda. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya yang menarik lainnya. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!