Sponsors Link

6 Sebab Warna Mata Manusia Berbeda Beda

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, fungsi bulu mata bagi manusia di area mata merupakan salah satu panca indra yang sangat dan sangat penting keberadaanya dan fungsinya dalam tubuh kita secara keseluruhan. Atau dengan kata lain, bisa dikatakan bahwasanya jika ada masalah pada mata tersebut maka kita tidak akan bisa menikmati indahnya dunia ini. Oleh karena itulah mata sangatlah penting bagi tubuh kita secara keseluruhan.

Nah sobat, berbicara mengenai mata tersebut yang tentunya berbeda dengan sebab mata kucing bisa menyala, tentunya kita juga akan berbicara mengenai warna mata tersebut. Sobat semua tentunya menyadari ya sobat, bahwasanya setiap orang memiliki warna mata yang berbeda beda secara biologis.

Sering kali mata tersebut dijadikan sebagai karakter poligenik yang bisa kita lihat dari bentuknya dan terutama dari warnanya. Lantas apa sebab warna mata manusia berbeda beda secara biologis yang berhubungan dengan penyakit mata pada manusia? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. Cekidot.

Bola mata manusia memiliki salah satu bagian yang disebut dengan iris yang terletak ditengah mata dan memiliki diameter sekitar 12 milimeter. Nah sobat, sebenarnya bagian inilah yang memiliki warna berbeda pada setiap orang. Bagian ini sendiri terbuat dari jarinagn ikat dan otot yang cenderung sangat tipis.

Menurut penelitian yang ada, adapun otot dibagian iris ini berfungsi untuk mengatur lebar pupil sebagai reaksi terhadap cahaya. Daam jaringan ikat, terdapat pigmen yang berbeda-beda jumlahnya pada masing masing individu. Oleh karena itu sobat, jika anda yang bertanya kepada anda Sebab Warna Mata Manusia Berbeda Beda Secara Biologis, maka anda bisa menjawab karena pigmen yang menghasilkan iris mata tersebut berbeda-beda setiap orang tergantung dari biologis atau genetiknya.

Adapun sel yang menghasilkan pigmen dalam  iris mata tersebut disebut dengan melanocytes. Sel tersebut juga akan bertanggung jawab atas warna kulit dan rambut seseorang. Pada dasarnya, hanya ada dua macam pigem warna yang dapat dihasilkan oleh sel melanocytes tersebut, yakni eulimelanin yang berwarna cokelat kehitaman dan juga pheomelanin yang berwarna merah. Warna terang tersebut diperoleh karena adanya serat kolagen putih yag ada di dalam jaringan ikat tersebut.

Serat inilah yang nantinya akan menyebarkan cahaya sehingga membuat warna iris tersebut terlihat biru. Warna iris ini sendiri hanya memiliki sedikit pigmen, sedangkan untuk warna gelap, iris memiliki lebih bnayak pigmen terutma warna pigmen eumelanin tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai warna mata tersebut sobat, berikut ini adalah beberapa jenis klasifikasi warna mata yang bisa anda jadikan sebagai refrenis, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Amber

Adalah warna mata yang tergolong membingungkan, lantaran warna cokelat pada mata ini memilki warna sentuhan lain seperti sentuhan warna emas, kuning, hijau bahkan orange.

  • Biru

Adalah warna yang secara langsung disebabkan oleh melanin yang sedikit sehingga warnanya menjadi biru.


  • Coklat

Adalah salah sau warna yang tergolong paling banyak dimiliki oleh manusia, namun terkadang tampak seperti warna gelap

  • Abu-abu

Warna mata yan satu ini adalah warna yang dikarenakan memiliki melanin yang lebih sedikit dibandingan dengan warna biru.

  • Merah

Meski tergolong jarang, namun ada sejumlah mata yang berwarna merah tersebut .

  • Violet

Adalah kombinasi refleks dari mata merah dan biru sehingga menghasilkan warna violet.

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis share buat anda pada postingan kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia