Sponsors Link

5 Sebab Jantung Terkadang Berdetak Lebih Cepat

Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Atau dengan kata lain, jika tidak ada jantung ini maka tubuh kita tidak akan bisa berfungsi.  Dikatakan demikian karena jantung tersebut merupakan organ yang memiliki fungsi utama sebagai pemompa darah keseluruh tubuh kita.

Jika diibartakn sebagai transportasi sesuai ritme jantung manusia sobat, maka darah bertugas membaa nutrisi dalam tubuh ke jantung tersebut dan juga pembuluh darah yang mmebenutk sistem kardiovaskular sehingga peranan jantung tersebut sangatlah penting dalam menjalankan tugasnya dalam tubuh kita secara keseluruhan.

Dalam kondisi yang normal, maka jantung biasanya akan berdebar-debar seperti aritmia jantung saat ada hal yang berada di luar kemampuan kontrol kita, sebut saja seperti gugup, atau pada saat merasa ketakutan. Sebut saja seperti gugup pada saat tes masuk kerja, ters masuk sekolah, wawancara,

atau bisa juga gugup pada saat mengutarakan cinta ya sobat hehehe. Saat peristiwa tersebut jantung akan terasa berdetak lebih kencang, namun hal tersebut sangatlah normal. Lantas, apa saja Sebab Jantung Terkadang Berdetak Lebih Cepat tersebut? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  • Enemia

Sebab yang pertama adalah karena anemia. Orang yang menderita gejala anemia sering sekali menjadi salah satu penyebab jantung menjadi berdetak lebih kencang bahkan diluar kontrol kita. Hal tersebut tidak terjadi oleh karena tidak tercukupinya sel darah merah untuk mengirimkan oksigen ke otot jantung, sehingga menyebabkan jantung tersebut menjadi berdetak lebih kencang.

  • Kurangnya Magnesium dan Kalium

Sebab yang kedua adalah karena kurangnya magnesium dan kalium dalam tubuh seseorang. Seseorang yang mengalami kekurangan magnesium dan kalium bisa menyebabkan jantung berdebar atau berdetak lebih kencang. Hal ini disebabkan karena makanan yang mengandung magnesium dan kalium tersebut bermanfaat untuk membentuk sel darah merah sehingga tubuh bisa terhindar dari anemia, sehingga pada saat tubuh  kekurangan magnesium dan kalium tersebut akan mengakibatkan jantung berdetak lebih kencang.

  • Tekanan Darah Tinggi

Sebab yang ketiga adalah karena tekanan darah tinggi.  Pumumnya sobat, orang yang memiliki tekanan darah tinggi rentan untuk terkena asteokloris. Asteoklotis tersebut merupakan penyebab penyempitan pembuluh darah dan juga pengerasan pembuluh darah, dan apabila hal ini terjadi pada pembuluh darah, maka jantung akan terbebani kinerjanya menjadi lebih berat, yang pada akhirnya akan menyebabkan jantung akan berdetak lebih kencang pada saat darah dipompakan keseluruh tubuh.

  • Stress

Sebab yang keempat adalah karena stress. Stress dan juga kecemasan bisa menjadi salah satu jantung menjadi berdebar atau berdetak kencang. Hal ini dikarenakan pembuluh darah dan syaraf diotak mengalami penyempitan. Akibatnya, jantung pun akan merasakan kesulitan saat akan mempompa darah keseluruh tubuh. Jadi tidak usah heran ya sobat, apabila pembuluh darah mengalami penyempitan maka akan memberatkan kinerja jantung dan membuatnya akan berdetak kencang.


  • Pengaruh Obat

Sebab yang kelima adalah karena pengaruh obat-obatan. Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan jantung menjadi berdebar atau berdetak kencang terutama obat yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Jantung berdetak kencang tersebut merupakan efek samping dari konsumsi obat tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan jenis obat yang anda konsumsi.

Oleh karena jantung tersebut adalah organ yang sangat penting untuk tubuh kita sobat, sudah selayaknya anda merawatnya sebaik mungkin. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!