Sponsors Link

Tulang Sejati : Penjelasan dan Fungsinya

Dear pembaca yang penulis cintai, pada kesempatan kali ini seperti biasanya penulis akan berbagi wawasan tentunya segala hal yang berhubungan dengan biologi. Anda tentu pernah mendengar dan mengetahui bahwa di dalam tubuh kita terdapat tulang bukan? Secara awam tulang hanya dikenal sebagai satu bagian saja, Namun tulang ternyata juga terdiri dari berbagai jenis yang salah satunya disebut dengan tulang sejati. Untuk memahaminya lebih lanjut, yuk simak uraiannya dalam artikel berikut mengenai tulang sejati beserta penjelasan lengkap dan fungsinya.

Tulang Sejati

Tulang sejati atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan campact bonedan disebut juga dengan osteon merupakan sebuah jaringan ikat padat yang paling keras dari semua jaringan yang ada di dalam tubuh, bentuknya keras karena mengandung garam kapur fosfat dalam bentuk senyawa kalsium klorida.

Tulang sejati memiliki ciri ciri khusus yaitumemiliki struktur yang lebih keras, padat, dan rapat,  menjadi penyusun utama dari sistem rangka, di dalamnya terdapat sumsung tulang dan tempat menghasilkan sel sel darah. Tulang sejati disusun oleh bahan organik dan anorganik, serat, dan sel tulang.

Bagian Bagian Tulang Sejati

Tulang  sejati memiliki 2 bagian yaitu bagian Batang,  yang menghubungkan sebagian besar ruas tulang dan disebut dengan diaphysis, di dalamnya terdapat 2 daerah yaitu tulang dan sum-sum. Bagian kedua ialah bagian Ujung yaitu daerah pada tulang pada yang secara anatomi terletak pada bagian ujung, khususnya  pangkal suatu ruas tulang. Pada tulang yang sedang tumbuh (masa anak) bagian ujung tulang disebut dengan epiphysis. Bagian ujung tulang sejati antara satu dan lain dipisahkan oleh  batang tulang.

Jenis Jenis Tulang Sejati

Dalam tubuh manusia, tulang sejati tidak memiliki bentuk yang sama, semuanya berbeda sesuai dengan bentuk rangka yang tercipta, jenis tulang sejati berdasarkan bentuknya yang ada di seluruh tubuh yaitu sebagai berikut.

1. Tulang Pipa

tulang pipa, yakni tulang sejati yang berbentuk panjang dan berongga, seperti pipa. Contohnya ialah tulang pengumpil, tulang hasta, tulang betis, dan tulang kering. Tulang pipa sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu diafisis dan juga epifisis. Diafisis adalah bagian badan atau bagian utama tulang, sedangkan epifisis adalah bagian tepi (epi) atau bagian ujung kepala dari tulang. Bagian  epifisis dan diafisis, dibatasi oleh bagian khusus yang disebut cakram epifisis. Cakram epifisis lebih lambat proses penulangannya atau pematangannya dibandingkan dengan daerah diafisis.

2. Tulang Pipih

tulang pipih, ialah tulang tulang yang memiliki bentuk pipih. Contohnya ialah di rangka aksial, misalnya tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang-tulang yang menyusun tengkorak. Tulang pipih memiliki peran sebagai pelindung suatu rongga. Misalnya pada rongga tengkorak yang berperan melindungi otak dan rongga dada melindungi jantung serta bagian bagian paru paru.

3. Tulang Pendek

tulang pendek, yakni tulang sejati yang berukuran pendek. Tulang sejati dengan bentuk yang pendek hanya berada di pangkal telapak tangan, pangkal telapak kaki, dan tulang-tulang belakang.

4. Tulang Tidak Beraturan

Tulang tidak beraturan, yaitu tulang yang bentuknya beragam dan tidak beraturan. Contohnya adalah tulang – tulang belakang (ruas tulang belakang) dan tulang penyusun wajah (tulang bagian wajah)


Fungsi Tulang Sejati

Tulang sejati sendiri memiliki fungsi yang tergolong vital sebab menjadi bahan utama penyusun rngka tubuh, fungsi vital tersebut ialah sebagai berikut.

  • Jaringan tulang yang menyusun dan membina rangka untuk alat gerak utama pasif dan juga berfungsi sebagai penyokong.
  • Tempat melekatnya otot yang dihubungkan oleh tendon dan pelindung organ lunak serta vital di tubuh.
  • Tempat memproduksi sel sel darah serta menjadi tempat penyimpanan cadangan mineral, berupa kalsium dan fosfat, serta cadangan lemak.

Demikian artikel kali ini mengenai tulang sejati, semoga mudah dipahami oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat ya sobat, jangan lupa selalu memperbarui pengetahuan anda mengenai biologi dengan membaca artikel artikel di website kami. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia