Sponsors Link

5 Contoh Tumbuhan Berspora Di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap

Spora yang berarti satu atau  beberapa sel bisa haploid ataupun diploid, yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Sel ini dorman yang hanya tumbuh pada lingkungan yang memenuhi persyaratan tertentu yang khas pada setiap spesies. Fungsi spora yaitu sebagai alat persebaran (dispersi) yang mirip dengan biji, walaupun pada intinya  tetap berbeda jika ditinjau dari segi anatomi dan evolusi, namun bentuknya sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Spora hanya bisa dilihat dengan bantuan alat yang disebut dengan mikroskop. Spora ini berasal dari sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan. Spora akan jatuh ke tanah yang lembab dan subur saat perkemabang biakan pada jamur yang tumbuh liar di kebun. Spora yang jatuh tersebut berubah menjadi alat perkembang biakan dan mengisap makanan, hingga akhirnya tumbuh menjadi tumbuhan jamur yang baru.

Dibawah ini ada beberapa contoh tumbuhan berspora antara lain yaitu :

1. Lumut

Lumut sendiri merupakan tumbuhan hijau yang berukuran kecil yang sering tumbuh pada tempat-tempat yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, seperti tumbuh pada pinggir-pingiran kali, diatas batu bata yang lembab dan di atas tanah yang memiliki kelembaban yang tinggi, tumbuhan ini memiliki cara melanjutkan keturunan mereka dengan unik. cara berkembang biak lumut kerak tersebut yakni dinamakan metagenesis.

Metagenesis sendiri merupakan suatu pergiliran antara generasi seksual dan aseksual untuk melanjutkan suatu keturunan. Yaitu dari generasi penghasil gamet ke penghasil  spora atau yang sering disebut gametofit  ke sporofit.

2. Tumbuhan Paku

Tumbuhan ini memiliki berbagai macam nama yang terkenal dikalangan masyarakat, mereka biasa menyebutnya sebagai tumbuhan pakis, maupun tumbuhan paku-pakuan. Namun pada dasarnya semua nama yang diberikan oleh para masyarakat adalah sama yaitu tumbuhan paku seutuhnya.

Tumbuhan ini sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk ke dalam golongan Tracheophyta (pembulluh sejati) namun tidak memproduksi biji sebagai pelanjut keturunannya, tetapi dengan cara melepaskan spora untuk melanjutkan keturunannya, seperti yang dilakukan pada lumut dan jamur. ciri ciri tumbuhan paku yang paling mencolok ialah tumbuhan berspora.

3. Rane

Rane sendiri berkembang biak secara spora yang hampi sama dengan lumut dan jamur, namun pada dasarnya rane juga termasuk dari tumbuhan paku-pakuan, hanya saja rane memiliki daun yang kecil atau yang sering disebut sebagai microfer

4. Jamur

Tumbuhan berikutnya yang berkembang biak secara spora adalah jamur, yang mana bentuk jamur sendiri memeiliki bentuk dan warna yang beragam dan mereka sering tumbuh pada tanah yang lembab, sedikit menerima cahaya dan tanah yang memiliki senyawa-senyawa organik yang dapat digunakan sebagai sumber makanan mereka, untuk jamur sendiri bagian tubuhnya hampir 90 persennya mengandung air. macam macam jamur yang ada dari semua jenis merupakan tumbuhan berspora.


5. Paku Air

Paku air merupakan tumbuhan yang berkembang biak secara spora, tumbuhan ini termasuk kedalam tumbuhan paku-pakuan yang hidupnya tergantung pada air atau sering kita temui di area persawahan atau sungai.

Itulah contoh tumbuhan berspora, selain contoh diatas masih banyak tumbuhan yang berkembang biak secara spora lainnya. Sekian artikel kali ini, semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang tumbuhan berspora. Selamat membaca sampai jumpa dilain artikel. Terima kasih

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan