Sponsors Link

Hormon Asam Traumalin pada Tumbuhan

Tidak jauh berbeda dari manusia dan hewan sobat, dalam tubuh tumbuhan juga terdapat yang disebut dengan hormon yang memiliki berbagai macam fungsi dalm proses perkembang biakan tumbuhan tersebut. Selain itu, hormon yang terdapat pada tumbuhan tersebut juga bermacam –  macam yang tentunya juga memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Adapun hormon tersebut yakni zat kimia yang terbentuk secara internal dan kemudian di distribusikan ke seluruh bagian bagian tumbuhan untuk membawa pesan kimiawi sehingga mempengaruhi proses filosofi tumbuhan itu sendiri.  Pada umumnya, hormon dalam tumbuhan atau istilahnya fitahormon dihasilkan dalam tumbuhan, tetapu faktor –  faktor eksternal dalam tumbuhan tersebut juga turut serta mempengaruh fotahormon tersebut.

Dari sekian banyak jenis hormon pada tumbuhan tersebut, namun yang akan menjadi pembahasan kita pada postingan kali ini yakni slah satu hormon tersebut ya sobat, yakni Hormon Asam Traumalin pada Tumbuhan. Jika sobat semua belum terlalu mengerti dan paham akan jenis hormon  yang satu ini, yuk sobat silahkan merapat dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan hormon asam traumalin disebut juga sebagai hormon luka atau kambium luka, yakni sejenis hormon yang berbentuk cair tetapi dalam kondisi normal, asam traumalin ini berbentuk padat, kristal dan tak mudah larut dalam air.  Asam traumalin ini merupakan sejenis hormon hipotetik, yakni gabungan dari beberapa aktivitas hormon seperti hormon giberelin, hormon auksin, sitokinin, etilen dan yang lainnya. Pada umumnya, tanaman yang kekurangan asam traumalin ini akan sulit untuk bergenerasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai hormon asam traumalin tersebut, berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memperbaiki Jaringan Pada Tumbuhan

Yakni asam traumalin ini berfungsi untuk memperbaiki jaringan yang terluka pada tumbuhan yang terjadi secara sistematis. Selain itu, hormon ini juga berpengaruh terhadap penyebaran informasi ketika ada jaringan yang terluka pada tumbuhan baik pada akar, batang, daun, bunga hingga buah atau biji.

  • Berfungsi Dalam Sistesis Prostaglandin

Dalam sistesis prostaglandin, asam traumalin ini dipersiapkan dalam temperature da kadar tertentu untuk memenuhi kondiis tertentu. Setelah itu, hormone asam traumalin ini diaplikasikan dalam proses hasil pengukuran sistesis prostaglandin tersebut.

  • Membantu Perkembangbiakan Tumbuhan Tingkat Sederhana

Hormon asam traumlain ini juga digunakan oleh para ilmuan untuk membantu proses perkembangbiakan tanaman tingak sederhana seperti jenis tumbuhan pkau –  pakuan. Dan hasilya proses perkembangbiakan tersebut oleh asam traumlain ini berperan besar dakam proses penggandaan ganggang.


  • Sebagai Faktor Pertumbuhan

Pada umumnya, hormon asam traumalin ini dapat membantu aktivitas pertumbuhan sel –  sel jaringan tumbuhan dewasa yang tidak mengalami luka. Namun aktivitas seperti ini merupakan hasil gabungan dari jaringan Xilem dan Floem beserta hormon asam traumalin tersebut, sehingga tumuahn bisa dengan cepat melakukan pembelahan sel serta proses pertumbuahn yang lainnya.

  • Berperan Dalam Aktivitas Antioksidan

Percobaan aktivitas antioksidan dengan menggunakan hormon asam traumalin menunjukkan bahwa aktivitas enxim antioksidan pada ganggang hijau chlorella vulgaris mengalami peningkatan yang dikarenkan oleh pengaplikasian hormon asam traumalin di dalamnya.

Demikianlah ulasan mengenai hormon asam traumalin pada tumbuhan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa, salam.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search

Our Sponsors