Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup

Sponsors Link

Lingkungan yang kita tinggali saat ini akan berpengaruh besar terhadap apa yang akan terjadi untuk waktu kedepan. Lingkunagn yang kita tinggali saat ini juga bisa membentuk kehidupan dan berpengaruh terhadap kebutuhan mahluk hidup dan kelangsungan hidup kita untuk masa sekarang maupun yang akan datang. Kita tinggal di lingkungan yang memiliki ekosistem atau biasa disebut dengan kawasan yang didalamnya terdapat komponen yang berpengaruh terdapat kelangsungan lingkugan tersebut dan jenis sumber daya alam serta biasa memalui proses timbal balik.

ads

Ekosistempun terdiri dari banyak jenis, misal saja perairan dan daratan termasuk disana ekosistem rawa dan ekosistem danau. Ekosistem yang berada pada lingkungan ini haruslah kita jaga keseimbangannya, agar kita bisa melihat tumbuhan langka dan ada hubungan timbal balik antar keduanya dan sangat berpengaruh untuk diri kita sendiri dan yang lainnya. keseimbangan ekosistem berguna Sebagai tempat tinggal dan tempat untuk mencari makan juga bagi seluruh mahluk hidup sehingga haruslah dijaga dari kerusakan lingkungan, baik itu yang berasal dari manusia maupun yang asli berasal dari alam.

Untuk memperoleh keseimbangan lingkungan tersebut perlulah dilakukan upaya untuk dapat menjaga keseimbangn lingkungan tadi. Dewasa ini memang banyak ekosistem buatan amun Dalam garis besar upaya menjaga keseimbangan lingkungan adalah rangkaian kegiatan guna menjaga kemampuan lingkungan yang hidup terhadap berbagai hal negatif yang muncul atibat sustu hal atau lainnya. Kiat-kiat ini sangatlah diperlukan agar generasi kita selanjutnya dapat menikmati indahnya lingkungan yang kita tinggali saat iniw dan tidak menyalahi generasi kita karna tidak becus menjaga lingkungan saat ini. Dan beberapa Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Memilah sampah

Sampah merupakan sesuatu yang sudah tidak terpakai lagi dan sudah selayaknya dibuang agar tidak memenuhi ruangan. Namun, ada baiknya sebelum kita membuang sampah terlebih dahulu kita memilah-milah sampah yang akan kita buang tersebut. Kegiatan yang paling sederhana dalam memilah sampah ini adalah mengelompokkan sampah tersebut menjadi tiga golongan. Organik, anorganik dan logam atau juga kaca. karna, banyak sekali bahaya logam berat yang bisa timbul, maka harus dipilah.

akan ada banyak bahaya tidak melestarikan lingkungan, satu contohnya adalah meruginya kita dimasa kini dan nanti. Kegiatan memilah sampah menjadi tiga bagian ini sangatlah berguna, karna, ketiga golongan sampah tersebut sangatlah berbeda kegunaannya. Misal saja sampah organik yang dapat dijadikan sebagai kompos dan berguna untuk para petani, lalu anorganik yang dapat didaur ulang sehingga membentuk sesuatu yang bisa lebih bermanfaat.

2. Menghemat penggunaan listrik

Listrik dewasa ini adalah sesuatu yang sangat diperlukan oleh umat manusia di balahan bumi manapun. listrik juga berguna untuk keseimbangan ekosistem. Sesuatu yang akan kita lakukan sangatlah bergantung pada listik dan tentunnya bergantung pula pada pasokan listrik yang ada. Maka dari itu perlulah untuk mengemat listrik yang ada, agar kita tidak kehilangan ataupun kekurangan pasokan listrik dimasa yang akan datang.

Cara sederhana untuk menghemat listrik adalah dengan beralih menggunakan barang-barang yang memiliki daya rendah, seperti misalnya LED atau TEL. Hal yang lainnya adalah dengan cara tidak menyalakan lampu ketika siang hari serta mematikannya saat kita hendak tidur. Selain itu juga kita perlu untuk mengurangi pemakaian listrik saat jam 5 sore hingga 10 malam.

3. Menghindari pemborosan bahan bakar

Beberapa bahan bakar yang kita pakai saat ini tidak bisa diperbaharui atau sangat sulit untuk diperbaharui. Atas dasar itu pula lah kita harus menghemat dan tidak boros dalam pemakaian bahan bakar untuk kondisi dan keadaan apapun, hal tersebut sebenarnya juga perpengaruh terhadap pencemaran tanah, air serta udara. maka, diperlukan adanya kedawasaan dalam hal ini.

Cara sederhana lagi untuk melakukan penghematan dalam konteks ini adalah dengan cara menghindari pemakaian mesin dalam kegiatan sehari-hari dan lebih memilih untuk berjalan kaki atau naik sepeda ke tempat yang dekat. Selain itu penggalakan yang dilakuan oleh pemerintah, seperti membiasakan menaiki kendaraan umum dan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi juga perlu dijalankan.

Sponsors Link

4. Mengurangi penggunaan bahan kimia

Kebayakan dari bahan kimi akan berpengaruh buruk untuk lingkungan sekitar, dalam hal ini juga akan terjadi pencemaran atau lainnya. Dan tanpa kita sadari sebenarnya berbagai bahan kimia ini ternyata kita pakai untuk kegiatan sehari-hari. Beberapa kasus yang sering terjadi adalah tentang detergen rumah tangga dan juga plastik, yang memang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diuraikan secara alami. (Baca: cara melestarikan terumbu karang)

Kegiatan kecil, namun berdampak besar, yang sebaiknya kita lakukan untuk mengurngi dampak pencemaran lingkungan adalah dengan menggunakan detergen yang ramah lingkungan dan juga membatasi penggunaan kantong plastik dalam kegiatan sehari-hari. Atau bisa juga menggantinya dengan tas yang terbuat dari kain atau bahan lainnya. karna dewasa ini banyak sekali dampak sampah plastik yang buruk bagi lingkungan sekitar.

5. Menghemat penggunaan kertas

Sudah barang lumrah kita menggunakan kertas untuk kegiatan sehari-hari. Terutama untuk yang masih besekolah atau yang bekerja di kantor dan sejenisnya yang membutuhkan pasokan kertas yang banyak untuk menunjang kegiatan sehari-harinya. Namun, pemggunaan kerta yang telampau benyak malah akan menimbulkan kesan negatif terhadap lingungan sekitar. (Baca: cara melstarikan laut Indonesia)

Sewajarnya penggunaan kertas haruslah digunakan secara efektif dan juga efisien. Karna, hal ini akan berbanding lurus dengan hutan yang ditebang untuk nantinya dijadikan kertas tersebut. Satu contoh nyata untuk menghemat kertas adalah dengan cara mendaur ulang kertas yang sudah tidak terpakai itu.

Sponsors Link

6. Melakukan reboisasi

Ini meruakan langkah kongkrit dan nyata untuk menyatakan perang terhadap para penebang liar yang berlaliaran di sekitar anda. Langhaini jelasa sangatlah berpengaruh besar terhadap lingkungan sekitar. karna, hutan merupakan tempat rantai makanan yang besar maka Langkah ini dapat ditempuh karna sudah semakin habisnya hutan di Indonesia ini, jadi sangat diperlukan gerakan untuk menanam kembali hutan kita yang telah gundul itu.

7. Mengendalikan hama secara alamiah

Pun ini merupakan langkah nyata yang harus dijalankan agar apat melestarikan lingkungan. Sejatinya hama merupakan perusak sejati dan musuh utama bagi para petani. Namun, kebanyakan patani saat ini merasa pengusuran untuk hama perlu dengan cara menyemprot pestisida ke tanaman yang dijualnya. (Baca: Ekosistem danau)

Jika langkah tersebut diambil, langkah tersebut jelaslah keliru. Karna, untuk dapat membasmi hama kita bisa saja melakukannya dengan cara alamiah dan tentunya ramah lingkungan.contoh nyata saja dengan memelihara prodator untuk si hama tersebut. Seperti memelihara kucing jika hamanya adalah tikus, atau juga membuat orang-orangan sawah.hal seperti itu jelaslah lebih bijak.

Diatas tadi adalah Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan kongkrit yang harus kita lakukan guna menjaga kelastarian lingkungan dan upaya pelestarian lingkungan hidup. Karna lingkunagn di sekitar kita sangat berpengaruh untuk kehidupan kita. Maka, kita setidaknya haruslah melakuka upaya diatas agar lingkungan yang kita tinggali tetap terjaga kelestariannya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 12th, November 2016 / 05:05 Oleh :
Kategori : Lingkungan