Sponsors Link

3 Arti Ekspresi Wajah Simpanse Secara Biologis

Manusia sepanjang hari tentu memiliki ekspresi wajah yang berbeda sesuai dengan kondisi yang dialami, misalnya ialah ekspresi wajah saat senang, sedih, atau meminta sesuatu memiliki perbedaan yang jelas dan dapat dipahami sesama manusia dengan mudah. Namun sobat, bagaimana dengan hewan? apakah hewan juga memiliki ekspresi wajah untuk berkomunikasi atau mengungkapkan sesuatu?

Pada dasarnya, semua hewan memang memiliki ekspresi khusus yang digunakan untuk contoh interaksi antar hewan namun mungkin tidak semuanya bisa manusia pahami dimana memang tidak semua bahasa tubuh hewan bisa diketahui oleh manusia, salah satu hewan yang terkenal memiliki ekspresi ialah hewan simpanse, tentu sobat pernah melihat hewan simpanse berekspresi dengan mulut atau gerakan matanya. Nah sobat, untuk memahaminya, berikut penulis jelaskan Arti Ekspresi Wajah Simpanse Secara Biologis.

Jika dibandingkan otot pada wajah manusia yang berjumlah sekitar 43 otot,  hewan simpanse memiliki otot wajah lebih sedikit yaitu hanya 23 otot yang berhubungan dengan hormon somato medin pada hewan. Namun, jumlah otot yang mengontrol wajah  hewan simpanse ini ternyata lebih banyak dibandingkan dengan jenis hewan

primata lainnya. Hal inilah sebab biologis yang membuat  hewan simpanse mampu membuat ekspresi ekspresi halus dengan wajahnya sama seperti manusia berekspresi misalnya dengan tersenyum. Tentunya, setiap ekspresi  hewan simpanse memiliki makna tersendiri.

Dengan otot yang ada di wajahnya tersebut, hewan simpanse memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan hewan simpanse yang lainnya untuk senjata biologis atau dengan manusia dengan ekspresi wajah yang merupakan kebiasannya sejak kecil, memang secara biologis, hewan akan berkomunikasi dengan apapun yang dimilikinya baik itu lewat suara, gerakan, ataupun ekspresi.

  • Ekspresi tenang dan senang

Pada saat hewan membuka mulutnya hingga gigi giginya terlihat, biasanya manusia mengartikan bahasa tubuh tersebut bahwa hewan sedang merasa takut atau cemas dan membuka mulut merupakan bentuk perlindungan diri. Namun, pada  hewan simpanse, ternyata ekspresi tersebut

menunjukkan bahwa ia sedang merasa tenang atau sedang bersikap ramah. Nah sobat, apabila ekspresi ini terlihat sedikit aneh atau berbeda,  hewan simpanse bukan menunjukkan kemarahan tapi sedang menunjukkan senyumnya sebagai tanda persahabatan atau sebagai tanda bahwa hewan simpanse sedang dalam keadaan senang.

  • Ekspresi meminta

Jika manusia melakukan gerakan menengadahkan tangan untuk ekspresi meminta,  hewan simpanse melakukan hal yang berbeda dengan ekspresi wajahnya loh sobat.  Hewan simpanse menunjukkan ekspresi meminta kepada hewan simpanse lain atau dengan manusia dengan cara mengerutkan bibirnya. Biasanya ekspresi wajah ini ditujukan untuk meminta makanan dari  hewan simpanse lainnya dan

manusia jika hewan simpanse terbiasa hidup di kebun binatang dan biasa berinteraksi dengan manusia sejak kecil. Namun terkadang, ekspresi ini juga dilakukan untuk menunjukkan ketundukannya pada  hewan simpanse jantan yang dominan, misalnya di suatu perkumpulan simpanse di alam liar, umumnya hewan simpanse yang lebih tua atau dominan akan ditakuti oleh hewan simpanse lainnya.


  • Ekspresi bingung dan marah

Hewan simpanse juga terkadang menekan bersamaan kedua bibirnya lalu meniup hingga mengembung pipinya yang menunjukkan ekspresi bahwa ia sedang merasakan konflik atau suatu yang aneh di dalam pikirannya. Jika ekspresi ini ditambah dengan alisnya yang masih

dalam kondisi biasa atau sejajar, biasanya  hewan simpanse hanya sedang bingung. Namun, jika ditambah alis yang mengerut, artinya  hewan simpanse tersebut sedang marah. Secara biologis, ekspresi wajah yang dibuat oleh simpanse merupakan kode atau cara tersendiri dalam

mengungkapkan keinginannya yang berhubungan dengan sistem tubuh, dimana hewan simpanse merasa lebih mudah mengungkapkan dengan cara tersebut karena otot di wajahnya yang memang jumlahnya jauh lebih banyak dari jenis hewan lainnya sehingga hewan simpanse memanfaatkan kelebihan tersebut untuk rutinitas hariannya.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat untuk sobat agar memiliki ilmu yang luas, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors