Sponsors Link

Klasifikasi Hewan Crustaceae Terlengkap Beserta Penjelasannya

Hewan crustaceae merupakan salah satu kelompok dari contoh hewan arthropoda sehingga secara umum dapat digambarkan hewan crustaceae memiliki ciri-ciri hewan arthropoda. Berdasarkan klasifikasi hewan hewan crustaceae dapat dikelompokkan ke dalam 6 kelompok kelas. Berikut ini klasifikasi hewan crustaceae yang perlu anda ketahui.

1. Branchiopoda

Branchiopoda adalah hewan crustaceae yang memiliki tubuh kecil. Ukuran tubuh dari branchiopoda bisa mencapai 2 mm- 10 cm. Warna tubuh branchiopoda adalah transparan dan cenderung pucat. Hewan crustaceae ini bergerak dengan antena. Sedangkan habitat branchiopoda berada di air tawar. Kehidupan branchiopoda di alam termasuk dalam zooplankton karena memiliki tubuh yang kecil.

Kelompok branchiopoda terbagi lagi menjadi beberapa ordo meliputi anostraca, lipostraca, notostraca, laevicaudata, spinicaudata, cyclestherida, dan cladocera. Berikut ini penjelasan secara umum mengenai ordo dari klasifikasi hewan crustaceae.

  • Anostraca : tubuh berukuran dengan panjang 6 mm sampai 25 mm dan memiliki 20 segmen tubuh dengan 11 pasang kaki.
  • Lipostraca : tubuh dengan panjang 3 mm dan memiliki 23 segmen tubuh.
  • Notostraca : memiliki panjang tubuh 2 cm sampai 10 cm dan termasuk dalam kelompok contoh hewan omnivora.
  • Laevicaudata : memiliki tubuh transparan dan bentuknya seperti kerang.
  • Spinicaudata : belum banyak informasi mengenai jenis hewan crustaceae yang satu ini.
  • Cyclestherida : hewan crustaceae yang memiliki tubuh bulat.
  • Cladocera : mempunyai nama lain yaitu kutu air yang hidup parasit.

2. Remipedia

Kelompok remipedia adalah hewan crustaceae yang dapat dengan mudah ditemukan di laut Australia, Karibia dan Samudera Atlantik. Hewan crustaceae ini termasuk dalam jenis yang langka karena beberapa ilmuan sudah menemukan beberapa fosil dari remipedia. Tubuh remipedia memiliki panjang mulai 1 cm sampai dengan 4 cm. Bagian tubuh remipedia kecil dan memanjang. Pergerakan dari hewan crustaceae termasuk lambat. Pada pembagian klasifikasinya, remipedia hanya memiliki 1 (satu) ordo yaitu nectiopoda.

3. Cephalocarida

Salah satu jenis lain dari hewan crustaceae yang dapat dikatakan primitif. Secara fisik hewan kelompok cephalocarida memiliki panjang 2 mm sampai 4 mm. Kemudian memiliki kepala yang besar. Cephalocarida dapat hidup pada habitat lingkungan yang berlumpur. Seperti halnya kelas remipedia, kelas cephalocarida memiliki 1 (satu) ordo yaitu brachypoda. Baca : peranan arthropoda.

4. Maxiliopoda

Maxiliopoda adalah hewan crustaceae yang memiliki tubuh kecil dan bertubuh pendek. Hewan ini memiliki kaki yang digunakan untuk memfilter makanan. Adapun bagian tubuh maxiliopoda terbagi menjadi beberapa segmen. Klasifikasi dari maxiliopoda terdiri dari 3 (tiga) ordo yaitu calanoida, pedunculata dan sessilia. Berikut ini penjelasan singkat ordo dari maxiliopoda.


  • Calanoida : termasuk dalam zooplankton yang hidup di air laut dan air tawar.
  • Pedunculata : belum banyak informasi mengenai jenis ordo ini.
  • Sessilia : temasuk dalam kelompok monofiletik

5. Ostracoda

Ukuran tubuh hewan ostracoda adalah 1 mm rata-rata namun ada beberapa hewan ostracoda yang memiliki tubuh berukuran 0.2 mm sampai 30 mm. Oleh karena ostracoda memiliki tubuh yang kecil, hewan ostracoda ini sering disebut sebagai udang biji. Kelas Ostracoda memiliki 4 (empat) ordo yaitu mydocopida, halocyprida, platycopida dan podocopida. Berikut ini penjelasan mengenai ordo ostracoda untuk anda.

  • Mydocopida : mempunyai mata majemuk lateral.
  • Halocyprida : memiliki eksopoda yang panjang pada antena.
  • Platycopida : termasuk dalam hewan crustaceae yang primitif.
  • Podocopida : termasuk dalam sub-kelas podocopa

6. Malacostraca

Hewan tidak bertulang belakan yang termasuk dalam contoh hewan avertebrata. Kemudian tubuh malacostraca memiliki 14 segmen.Kelompok malacostraca terdiri dari 4 ordo yang diketahui meliputi decopoda, isopoda, amphipoda, dan stomatopoda. Berikut ini penjelasan mengenai 4 ordo malacostraca secara singkat.

  • Decopoda : jenis yang sering dibudidaya oleh manusia dan mayoritas malacostraca satu ini pemakan bangkai.
  • Isopoda : hewan crustaceae yang hidup di air dan di darat, memiliki tubuh bersegmen berwarna keabuan dan sedikit bening.
  • Amphipoda : kebanyakan pemakan bangkai dan tidak memiliki karapaks.
  • Stomatopoda : sering disebut sebagai belalang laut dan memiliki tubuh berwarna kecokelatan hingga neon terang.

Demikian informasi dari dosen biologi mengenai klasifikasi hewan crustaceae. Semoga dapat memberikan pengetahuan anda mengenai klasifikasi hewan crustaceae. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan