Sponsors Link
     Sponsors Link

Sistem Peredaran Darah Tertutup pada Manusia dan Hewan

Sponsors Link

Darah adalah komponen penting yang ada di tubuh untuk mengalirkan zat-zat seperti oksigen, sari-sari makanan. Selain itu darah yang kembali ke jantung nantinya akan mengambil zat tidak berguna untuk nantinya dibuang keluar tubuh seperti karbondioksida serta zat lain yang tidak dikehendaki oleh sel. Sedangkan sistem peredaran darah adalah sistem yang mengalirkan darah dari dan kembali ke jantung melalui pembuluh darah. Peredaran darah adalah salah satu sistem yang vital yang ada di tubuh

ads

Peredaran darah tertutup adalah sirkulasi darah pada tubuh yang dialirkan melalui pembuluh–pembuluh darah. Darah yang berasal dari jantung diedarkan melewati arteri (pembuluh nadi) dan kembali ke jantung melewati vena (pembuluh balik). Kenapa disebut tertutup?karena darah yang mengalir menggunakan pembuluh darah yang tersebar ke seluruh tubuh.

Sistem Peredaran darah tertutup terbagi menjadi dua yaitu :

Peredaran Darah Tertutup pada Manusia

Pada manusia sistem peredaran darahnya adalah peredaran darah tertutup, dan juga disebut peredaran darah ganda karena darah melewati jantung sebanyak dua kali yaitu

  1. Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung (bilik kiri) menuju keseluruh tubuh (kecuali paru-paru) dan kembali ke jantung (serambi kanan).
  2. Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung (bilik kanan) menuju ke paru-paru kembali ke jantung (serambi kiri).

Selain itu, ada juga sistem vena porta, yaitu pembuluh vena dari suatu alat tubuh sebelum menuju ke jantung, mampir dulu ke suatu alat. Pada manusia adalah sistem vena porta hepatis, yaitu darah dari usus, sebelum ke jantung darah mengalir dulu ke hati.

Struktur anatomi sistem peredaran darah manusia terdiri dari 3 bagian

  1. Jantung

Jantung adalah organ vital yang ada di dalam tubuh manusia dimana fungsi jantung adalah untuk memompa darah untuk disirkulasikan ke seluruh tubuh.

Morfologi jantung

Terdiri dari 4 ruangan yaitu

  • 2 ruangan atas disebut atrium (serambi kanan dan kiri)
  • 2 ruangan bawah disebut ventrikel (bilik kanan dan kiri)

Lapisan Jantung terdiri dari 3 bagian yaitu

  • Pericardium (luar)
  • Myocardium (tengah)
  • Endocardium (dalam)

Secara umum proses mekanisme kerja jantung yang terjadi di jantung berkaitan dengan tugasnya mendistribusikan darah yaitu

  • Darah kaya karbondioksida yang berasal dari seluruh tubuh mengalir melalui pembuluh vena mengalir menuju serambi atau atrium kanan
  • Dari serambi kanan menuju bilik kanan melalui katup jantung trikuspid. Proses ini menyebabkan otot jantung serambi kanan berkontraksi/menguncup
  • Dari bilik kanan darah dialirkan menuju paru-paru dengan melewati arteri pulmonari (pembuluh darah arteri yang menuju paru-paru)
  • Terjadi pertukaran oksigen dan karbondiksida dalam darah. Darah keluar dari paru-paru mengandung kaya oksigen
  • Darah kaya oksigen masuk kembali ke jantung menggunakan vena pulmonari masuk ke dalam bagian jantung serambi kiri
  • Serambi kiri menguncup darah mengalir ke bilik kiri melewati katup jantung bikuspid
  • Dari bilik kiri darah yang kaya ksigen dipompa ke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta

Jantung adalah organ tubuh yang tidak pernah beristirahat. Tugasnya menuntut untuk terus mendistribusikan oksigen secara terus menerus ke seluruh tubuh. Denyut jantung pada manusia normal adalah 60-80 kali per menit dan kecepatan denyut semakin bertambah dengan gerakan yang membutuhkan energi lebih banyak seperti saat sedang berlahraga, stress, gelisah dan lain-lain.

2. Pembuluh darah

Pembuluh darah yang ada di tubuh manusia terdiri dari tiga bagian utama yaitu.

  • Pembuluh darah Arteri

Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang berfungsi membawa darah keluar dari jantung. Karena sifatnya membawa darah langsung dari jantung karakteristiknya adalah tebal, kuat dan elastis agar tahan terhadap tekanan jantung yang tinggi. Cabang -cabang arteri disebut arteriol dan semua arteri membawa darah kaya oksigen kecuali arteri pulmonari

  • Pembuluh darah Vena

Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang membawa darah masuk ke jantung. Karakteristik pembuluh darah vena adalah berdinding tipis namun berdiameter lebih besar daripada pembuluh darah arteri agar darah lebih cepat mengalir ke jantung. Struktur pembuluh vena membuatnya hanya dapat mengalir searah menuju jantung dan tidak memungkinkan aliran balik. semua pembuluh vena membawa darah kaya karbondioksida kecuali vena pulmonari

  • Pembuluh darah Kapiler

Pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah terkecil yang langsung terkoneksi dengan sel-sel tubuh serta berukuran sama dengan sel tubuh. Pembuluh darah kapiler merupakan percabangan dari arteriol.

Sponsors Link

3. Darah

Darah adalah sel yang bertugas untuk mengangkut darah. Bagian-bagian darah terdiri dari plasma darah 80% (air), dan komponen darah 20 % berupa sel darah merah (erithrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (thrombosit).

Fungsi darah yaitu

  • Membawa zat makanan dan oksigen untuk didistribusikan ke seluruh tubuh
  • Melawan serangan kuman
  • Membawa hormon dan enzim
  • Memberi warna di kulit
  • Menjaga suhu tubuh

Peredaran Darah Tertutup pada Hewan

Beberapa hewan menggunakan sistem peredaran darah tertutup. Secara singkat berikut adalah sistem peredaran darah pada hewan yang termasuk sistem peredaran darah tertutup :

  1. Mamalia

Mirip seperti manusia, sistem anatomi dalam peredaran mamalia terdiri dari jantung, pembuluh darah dan pembuluh kapiler. Jantung akan memompa darah melalui arteri untuk selanjutnya didistribusikan ke seluruh tubuh. Pembuluh-pembuluh darah halus atau kapiler akan bersinggungan langsung dengan sel-sel yang membawa oksigen dan sari makanan. Ketika pembuluh-pembuluh pengirim darah mengalami kerusakan, maka sistem ini secara otomatis akan mereparasi dan memperbaikinya.

2. Aves (burung)

Alat-alat transportasi pada burung meliputi jantung dan pembuluh darah. Jantung burung terdiri atas empat ruang yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan. Karena terdapat katup pada jantung sehingga darah yang banyak mengandung oksigen yang berasal dari paru-paru tidak bercampur dengan darah yang banyak mengandung karbondioksida yang berasal dari seluruh tubuh. Peredaran darah burung merupakan peredaran darah ganda yang terdiri atas peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Sponsors Link

3. Serangga (insekta)

Serangga mempunyai alat transportasi berupa jantung pembuluh. Pada bagian jantung pembuluh terdapat lubang-lubang kecil (ostium) yang mempunyai katup. Pada waktu jantung pembuluh berdenyut ostium tertutup, darah mengalir ke depan melalui aorta. Peredaran darah belalang hanya mengedarkan sari makanan dan mengambil sisa metabolisme. Sedangkan pengedaran oksigen ke seluruh tubuh dan pengambilan karbon dioksida dilakukan melalui sistem trakea.

4. Pisces (ikan)

Sistem peredaran darah pada ikan terdiri dari: jantung beruang dua, yaitu sebuah-bilik (ventrikel) dan sebuah serambi (atrium). ada proses peredaran darah, darah dari seluruh tubuh yang mengandung CO2 kembali ke jantung melalui vena dan berkumpul di sinus venosus kemudian masuk ke serambi.

Selanjutnya, darah dari serambi masuk ke bilik dan dipompa menuju insang melewati konus arterious, aorta ventralis, dan empat pasang arteri aferen brakialis. Pada arteri aferen brakialis, Oksigen diikat oleh darah, selanjutnya menuju arteri eferen brakialis dan melalui aorta dorsalis darah diedarkan ke seluruh tubuh. Peredaran darah pada ikan disebut peredaran darah tunggal karena darah hanya satu kali melewati jantung

5. Cacing Tanah

Cacing mempunyai alat peredaran darah yang terdiri atas pembuluh darah punggung, pembuluh darah perut dan lima pasang lengkung aorta. Lengkung aorta berfungsi sebagai jantung.

6. Reptil

Membahas tentang peredaran darah reptil. Jantung reptil mempunyai sistem peredaran ganda seperti pada burung. Jantung kadal terdiri dari empat ruang yaitu serambi kiri, serambi kanan, bili kiri dan bilik kanan. Dari jantung keluar dua buah aorta aorta kanan dan aorta kiri. Aorta kanan keluar dari bilik kiri dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Aorta kiri keluar dari perbatasan bilik kiri dan bilik kanan mengalirkan darah ke bagian belakang tubuh

7. Amphibi

Membahas tentang peredaran darah amphibi. Jantung katak mempunyai sistem peredaran darah ganda. Jantung katak terdiri atas tiga ruang yaitu serambi kiri, serambi kanan dan bilik. Karena jantung katak hanya mempunyai satu bilik,darah yang banyak mengandung oksigen dan karbon dioksida masih bercampur dalam bilik jantung.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 03:47 Oleh :
Kategori : Makhluk Hidup

Our Sponsors