Sponsors Link

10 Fungsi Darah pada Manusia

Darah ? seperti tak terdengar asing di telinga kita, ya darah adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh kita, darah memiliki banyak sekali fungsi untuk menjaga tubuh. Untuk itu sangat diperlukan bagi kita mengerti apa saja fungsi darah tersebut, tetapi sebelum kita meluncur ke fungsi darah agar lebih paham dan lebih mengerti alangkah baiknya bila kita mengenali terlebih dahulu jenis – jenis sel pada darah yang ada di tubuh kita

Darah menurut wikipedia adalah sebuah cairan dimana cairan itu adalah seperti air dan cairan itu berfungsi untuk mengangkut oksigen melalui sel-sel darah  ke seluruh tubuh dan merupakan kebutuhan makhluk hidup, jadi dengan adanya darah maka hidup manusia akan tertolong. Apabila manusia kekurangan darah maka bisa jadi manusia itu akan lemas, karena cairan yang mengangkut sari makanan, atau oksigen ke seluruh tubuhnya tidak terpenuhi. kekurangan darah juga akan mudah terserang penyakit. karena pada darah terdapat beberapa jenis sel yang membantu fungsi darah itu sendiri. berikut jenis-jenis sel darah, seperti yang sudah saya janjikan diatas tadi.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak dibawah ini beberapa fungsi darah pada manusia :

1. Mengedarkan sari makanan

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa darah merupakan cairan yang selalu mengalir di dalam tubuh manusia melewati alat alat pernapasan, melalui nadi yang ada di dalam tubuh manusia ini, darah terus mengalir dan menyebarkan sari – sari makanan yang di bawanya dari serapan oksigen maupun dari beberapa vitamin, protein dan karbohidrat yang kita dapatkan melalui makannan yang kita konsumsi. dengan begitu maka tubuh akan memperooleh sari makanan yang cukup

2. Mengangkut oksigen

Oksigen yang di dapatkan dari menghirup udara bebas di luar sana, kemudian di tangkap melalui hidung, dan kemuadian melalui cara kerja hidung di saring dengan bulu hidung setelah itu akan masuk ke pembuluh darah, melalaui pembuluh darahlah darah itu akan mengalir ke seluruh tubuh, mulai dari menghirup udara sampai ke jantung setelah itu dari jantung akan di sebarkan ke serluruh tubuh.

3. Mengedarkan hormon

Tak hanya sekedar mengedarkan darah ke jantung dan di bawa keseluruh tubuh, ternyata darah juga membawa hormon yang masuk. hormon ini diperoleh karenan adanya rangsangan atau stimulus dari luar maupun dari dalam diri manusia, setelah itu darah akan mengangkut hormon-ccchormon itu, dan kelenjar eksokrin akan mengambil hormon-hormon yang tidak bermanfaat dan dibuangnya melalui saluran khusus, hormon yang dibuang ini dihasilkan dari hasil sekresi. sedangkan daraah akan membawa hormon-hormon itu dengan saluran biasa, artinya tidak melalui aliran khusus seperti yang diperlukan kelenjar eksokrin.

4. Membawa sisa oksidasi sel tubuh

Fungsi darah selanjutnya adalah membawa sisa-sisa zat yang tidak berguna keluar dari tubuh. Hal ini bisa dilihat pada saat kamu melakukan proses pernafasan, disini ada proses pengangkutan oksigen melalui darah sampai ke jantung, dan dari jantung di proses ke seluruh tubuh, setelah itu dari jantun. karbondioksida akhirnya dibuang, melalui darah pula dan dihembuskan bersamaan kita menghembuskan nafas.

5. Menyerang kuman ataau bakteri yang masuk

Ya, darah juga berfungsi sebagai pengaktif metabolisme tubuh, diatas tadi sudah kita lihat bahwa adanya beberapa jenis sel-sel dalam tubuh. dan sel-sel itulah yang menjaga metabolisme tubuh kita. ada sel darah merah dan juga sel darah putih. sel disini akan menyerang kuman atau benda asing yang masuk ke dalam aliran darah manusia. bila sel darah itu berhasil melawan benda asing tersebut maka kita tidak akan terserang penyakit. namun sebaliknya jika sel darah tidak sanggup untuk melawan benda asing itu maka tubuh akan terserang penyakit

6. Menyembuhkan luka

Bagian darah yang disebut trombosit adalah bagian darah yang sangat berperan dalam penyembuhan luka yang ada di kulit ari kita. Trombosit akan mengelurakan zatnya dan bergabung dengan vitamin K untuk membentuk darah agar darah menjadi beku. setelah darah membeku makan trombosit dengan perlahan akan berusaha menuutupi luka yang berada dikulit ari kita, itu sebabnya mengapa kulit ari yang luka, dapat kembali seperti semula, karena adanya peran darah, lebih tepatnya peran trombosit pada darah setiap manusia. jika kepingan trombosit yang ada daalm darah berkurang, maka bisa saja luka tersebut akan sulit di obati, karena tidak adanya zat-zat yang mampu menutup luka dan membekkukan darah tersebut.

7. Mengankut karbondioksida

Mengangkut karbon dioksida, karbon dioksida merupakan zat yang tidak dibutuhkan tubuh, sehingga darah akan mengembalikannya keluar melalui paru-paru dan dihembuskannya lagi melalui hidung. Hal ini sama halnya dengan sisitem pengankutan oksidasi yang telah dijelaskan diatas tadi. (baca : fungsi paru paru)

8. Membuang zat zat sisa ke ginjal dan juga kulit

Zat-zat yang diangkut oleh darah bukanlah zat yang semuannya berguna untuk tubuh, dalam proses pada sistem ekskresi, disini darah akan memisahkan mana zat yang berguna bagi tubuh dan manapula zat yang tidak berguna bagi tubuh, jika zat tidak berguna bagi tubuh, maka zat itu akan di alirkan ke sistem ekresi atau pembuangan. termasuk ke dalam ginjal dan juga kulit

9. Sebagai pengatur suhu tubuh

Hasil dari oksidasi darah akan menghasilkan panas pada tubuh, jika oksidasi itu baik maka suhu tubuh pula akan menjadi baik

10. Memendam bibit penyakit

kepingan kepingan darah pada darah berfungsi untuk memendam bibit penyakit agar bibit penyakit itu tidak tersebar keseluruh tubuh melalui darah, tapi bibit penyakit itu akan di matikan oleh kepingan-kepingan darah, tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

fungsi darah selain fungsi umum juga memiliki fungsi menurut kategorinya

Fungsi darah berdasarkan kategorinya

  • Transportasi – Darah berfungsi untuk dijadikan transportasi bagi apa saja yang masuk kedalam tubuh
  • Homeotasis – homeotassis merupan fungsi darah sebagai pemelihara tubuh, jadi darah ini berfungsi sebagi pelindung tubuh  manusia, selain itu aktivitas di luar darah juga dibutuhkan untuk memperlancar proses penjagaan darah terhadap tubuh itu sendiri, diantarranya adalah olahraga, makan makannan yang sehat. dan lain sebagainya.
  • Kekebalan darah – Ternyata fungsi darah itu sendiri juga termasuk dari fungsi kekebalan darah. yang dimaksud disini adalah kepingan kepingan darah yang membantu menjaga darah agar tetap stabil.

Itulah fungsi darah menurut kategorinya, sedangakan darah itu sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, yang biasa kita sebut sebagai golongan darah.

Jenis – jenis Sel Darah

Berikut adalah jenis jenis sel darah yang terdapat di dalam organ tubuh manusia :

a. Sel darah merah

Sel darah merah memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dan disebarkan keseluruh tubuh, dengan adanya sel darah merah maka oksigen yang dibutuhkan tubuh akan tercukupi, namun sebaliknya jika sel darah merah dalam tubuh manusia mengalami kekurangan maka akan mengakibatkan anemia.

b. Sel darah putih

Sel darah putih berfungsi sebagai antibiotik yang akan melawan penyakit yang menyerang tubuh, sel darah putih biasanya dimanfaatkan untuk menjaga kekebalan tubuh, jika seseorang kekurangan sel darah putih maka bukan tidak mungkin seseorang itu akan mudah merasa lelah, letih dan lesu. kaarena kekebalan tubuh yang dimiliki tidak seimbang. sel darah putih yang ada di dalam darah sekitar 7ribu sampai 25ribu sel darah putih.Pada tubuh, sel darah putih bergerak bebas kemanapun dia mau, bila dalam perjalanannya itu sel darah putih menemukan benda asing yang melalui darahnya maka ia akan langsung bekerja menyerang benda asing tersebut, selain itu kandungan dalam sel darah putih juga akan memakan bakteri bakteri yang masuk ke sistem peredaran darah manusia.

c. Plasma darah

plama darah juga termasuk dari sel darah, plasma darah memiliki warna yang agak kekuning-kuningan, tapi warna kuning pada plasma darah ini bening dan jernih.  Plasma darah juga memiliki beberapa zat yang tentunya bermanfaat untuk tubuh manusia adapun zat yang dibawa oleh plasma darah itu sendiri adalah hormon, mineral, antibodi, zat sisa atau karbondioksida, hormon, mineral, sisa pembonkaran proein dan juga anti bodi. dari plama darah ini mengankut sisa zat zat yang tidak berguna dan zat itu akn diserap di usus halur.

Selain itu pada plasma darah juga ada agram minerall, dan garam mineral ini yang akan mengatur PH darah dan juga osmotik dalam darah. plasma darah mengandung baberapa protein dan protein yang ada didalam darah antaranya adalah protein fibrinogen dan juga protein globulin. protein-protein ini  berfungsi untuk mengatur tekanan darah.  dan juga melawan bibit penyakit yang  ada didalam tubuh, jadi hampir sama dengan peran sel darah putih. (baca : fungsi fibrinogen dalam plasma darah)


d. Trombosit atau keping darah

Sudah kita ketaui bahwa trombosit atau keping darah ini memiliki bentuk yang paling beda dari bentuk-bentuk keping darah yang lain, disini bentuk keping darah tidak teratur, bahkan berubah ubah, kepinga darah ini tidak memliki warna sepeti keping darah yang lain, keping darah ini juga tidak memiliki inti darah. Keping darah ini terdapat kurang lebih 250000 setiap milimeter kubik darah. Dalam trombosit ini berfungsi untuk membekukan darah, apabila ada luka dalam tubuh kita. makan trombosit akan membantu membekukan darah itu dan juga mengembalikan luka ke bentuk semula  sebelum terkena luka.

Jadi tanpa adanya sel darah maka fungsi darah juga akan berkurang, darah tidak akan mampu bekerja dengan baik. begitu pula dalam tubuh manusia, jika darah tidak dapat berfungsi dengan baik, maka tubuh manusia akan mudah terserang penyakit. karana salah satu fungsi darah adalah membantu menjaga metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa mengangkal semua penyakit yang datang. atau benda-benda asing yang datang menyerang tubuh.

fungsi gologan darah

Golongan darah setiap orang berbeda-beda, dari perbedaan golongan darah ini banyak yang bilang dapat membaca karakter menurut golongan darah namun sebenarnya fungsi golongan darah menurut ilmiah itu sendiri adalah sebagai berikut :

1. Untuk mempermudah transfusi darah – Bila kita mengetahui jenis darah maka akan dengan mudah bila kita ingin mentransfusikan darah kita ke orang yang lebih membutuhkannya.

2. Menghindari penyakit – Bila transfusi darah yang salah maka bukan akan menyembuhkan melainkan malah menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi

3. Membantu proses diet – Dengan mengetahui golongan darah mu apa itu akan mempermudah bagi kita untuk mengetahui jenis makanan yang cocok kita gunkan untuk diet.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!