Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Arachnoidea Terlengkap Beserta Penjelasannya

Hewan arachnoidea adalah hewan kingdom animalia yang dikelompokkan menjadi bagian dari filum hewan arthropoda. Oleh karena itu sebelum mempelajari ciri-ciri hewan arachnoidea, anda perlu memahami ciri-ciri hewan invertebrata dan ciri-ciri hewan arthropoda agar materi yang dijelaskan dosen biologi mudah dipahami. Setelah kalian memahaminya, dosen biologi akan menjelaskan materi baru mengenai ciri-ciri hewan arachnoidea. Berikut ini penjelasannya secara rinci untuk anda semua.

1. Struktur tubuh terdiri dari selfatoraks dan abdomen

Struktur tubuh hewan arachnoidea terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu selfatoraks dan abdomen. Selfatoraks terdiri atas perisai keras dan berbentuk budar disebut karapks. Pada selfatoraks ada bagian kaki yang terdiri dari 6 (enam) alat gerak terdiri dari 4 (empat) pasang kaki dan kalisera dan pedipalpus.. Bagian antara selfatoraks dan abdomen terdapat bagian sempit disebut pedisel.

Pedisel berfungsi sebagai tangkai yang menghubungkan selfatoraks dengan abdomen. Arachnoidea tidak memiliki antena. Bagian tubuh hewan arachnoidea memiliki indera peraba berbentuk bulu yang tersebar diseluruh tubuh sehingga hewan arachnoidea dapat mengetahui keberadaan hewan lain melalui sensor indera peraba.

2. Habitat hewan arachnoidea ada di darat

Hewan arachnoidea adalah hewan yang hidup di wilayah daratan secara bebas dan parasit. Hewan arachnoidea yang sifatnya parasit biasa hidup mencari inangnya di tumbuhan, hewan dan manusia.

3. Klasifikasi hewan arachnoidea ada 3 (tiga) ordo

Klasifikasi hewan arachnoidea terdiri dari 3 (tiga) ordo meliputi ordo scorpionidae, arachnida dan acarina. Berikut ini penjelasan secara singkat mengenai ketiga ordo pada kelas hewan arachnoidea.

  • Scorpionidae adalah hewan arachnoidea yang memiliki racun pada segmen abdomen dan tubuhnya bersegmen. Contoh hewan scorpionidae adalah kalajengking.
  • Arachnida adalah hewan arachnoidea yang memiliki kelenjar racun dan bertubuh tidak bersegmen. Contoh hewan arachnida adalah laba-laba.
  • Acarina adalah hewan arachnoidea yang memiliki tubuh kecil. Contoh hewan acarina adalah tungau dan caplak.

4. Sistem pernapasan paru-pau buku bentuk lembaran

Sistem pernapasan pada hewan arachnoidea menggunakan paru-paru buku berbentuk lembaran. Lokasi paru-paru buku ini berada di sisi bawah abdomen (perut) hewan arachnoidea. Mekanisme pernapasan pada hewan arachnoidea dengan mengikat oksigen melalui hemosianin. Hemosianin mirip dengan hemoglobin artinya darah yang mengalir pada tubuh terkandung oksigen yang dihirup pada proses pernapasan.

5. Ada sistem pencernaan

Hewan arachnoidea adalah hewan jenis karnivora. Contoh hewan karnivora adalah hewan yang memakan organisme hewan lainnya. Cara hewan arachnoidea memangsa korbanya dengan menusuk dan menghisap cairan tubuh mangsanya. Sistem pencernaan pada hewan arachnoidea terdiri dari beberapa organ meliputi mulut, faring, lambung, intestinum, strotcoral pocket dan anus. Berikut ini penjelasannya secara singkat.


  • Mulut adalah bagian tempat masuknya makanan yang memiliki lubang kecil.
  • Faring adalah esofagus lambung yang terdapat 5 pasang saluran di bagia sefalotoraks.
  • Lambung adalah organ pencernaan hewan arachnoidea yang berada di sefalotoraks.
  • Intestinum adalah saluran yang bermuara ke saluran hati membaca cairan hasil pencernaan.
  • Strorcoral pocket adalah kantung feses yang ada di ujung belakang usus.
  • Anus adalah tempat keluarnya hasil pencernaan hewan arachnoidea.

6. Sistem saraf mengumpul

Sistem saraf pada hewan arachnoidea adalah mengumpul artinya ganglion dari hewan arachnoidea membentuk kesatuan.


7. Sistem reproduksi secara seksual

Sistem reproduksi hewan arachnoidea terjadi secara seksual. Demikian bisa terjadi karena ada pembuahan antara sel sperma jantan dan sel telur betina. Adapun organ kelamin pada hewan arachnoidea terpisah. Sistem berkembang biak hewan arachnoidea adalah ovipar, ovovivipar dan vivipar. Adapun ciri-ciri hewan ovipar, ciri-ciri hewan ovovivipar dan ciri-ciri hewan vivipar lainnya yang bisa anda ketahui

Penjelasan dari dosen biologi mengenai ciri-ciri hewan arachnoidea akan memudahkan kalian menemukan contoh hewan arachnoidea dilingkungan sekitar. Belajar biologi jadi asik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Salam pintar.

, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan