Sponsors Link

7 Manfaat Biologi di Bidang Peternakan Paling Lengkap

Manfaat Biologi di Bidang Peternakan Sudah tau tidak , peternakan seperti apa?  Menurut artian peternakan adalah suatu kegiatan  untuk proses pengembang biakan dan juga pembudidayaan hewan untuk mendapatkan manfaatnya baik dari segi finansial maupun dari hewan ternak itu sendiri. Jika di jabarkan lebih jauh arti dari manfaat peternakan itu sendiri secara finansial yaitu ketika peternak menjual hasil ternaknya ke pasar ataupun orang yang membutuhkannya sedangkan dari segi hewan ternaknya sendiri dapat dimanfaatkan berupa jasanya contohnya adalah kambing untuk pembajakan disawah,dan juga tenaganya. ( baca juga : Siklus Krebs)

Suatu pengertian peternakan dapat diartikan selain pemeliharaan melainkan juga yang lainnya tergantung dengan persepsi yang dimunculkan oleh para peternak sehingga data disimpulkan tujuan dari peternakan itu sendiri adalah segala sesuatu yang dapat memberikan manfaat baik bagi  hewan yang diternak maupun bagi para peternaknya juga.  Jika kita membahas peternakan maka kita juga harus mengenal peternak. Apa sih peternak itu ? tujuannya apa ? peternak adalah orang yang mengendalikan hasil ternak dalam arti memelihara dan juga mengembangbiakan hewan hewan yang bisa diambil manfaatnya baik itu tenaganya maupun hasil dari hewan itu sendiri .

Baca juga :

Sejarah Peternakan

Setelah banyak kita tau mengenai pengertian peternakan itu sendiri kita tidak boleh melupakan adanya sejarah. Sejarah peternakan dimulai sejak abad 9000 SM . pemulaian peternakan ini ditandai dengan domestikasi (proses penjinakan hewan liar)  dari anjing ,kambing dan juga domba. Semakin lama metode domestikasi semakin berkembang sehingga pada masa NEOLITIKUM  ( masa dimana manusia mulai mengenal adanya tempat tinggal dan juga menetap dalam suatu perkampungan)  manusia banyak sekali memanfaatkan hewan hewan ternak seperti  memanfaatkan bulunya untuk dijadikan kain wol,telur,susu dan juga yang lainnya.

baca juga :

Selain mengetahui lewat sejarahnya kita juga dapat mengetahi ilmu ilmu tentang peternakan yang banyak sekali referensinya atau pembelajarannya pada sekolah atau universitas yang berhubungan dengan bidang peternakan. Selain pada bidang peternakan kita juga dapat mengetahui tentang bidang peternakan dari disiplin ilmu yang berbeda seperti  ilmu gizi,genetika, atau reproduksi. Ilmu ilmu ini dapat memberikan wawasan yang lebih pada bidang peternakan karena peternak hanya mengenal ilmu ilmu tradisional yang diwariskan secara turun temurun.

Ilmu  seperti  ilmu gizi dapat membantu dalam pemberian gizi yang baik kepada hewan ternak, ilmu genetika dapat membantu mengenali gen gen yang ada didalam tubuh hewan yang kita ternak tersebut sedangkan untuk ilmu reproduksi dari sini kita dapat mengetahui   masa masa suburnya dari hewan yang kita ternak atau kita dapat mengetahui cara cara perawatan hewan ternak kita masa reproduksi. Dengan keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh petani. Perlu sekali kita tingkatkan dan juga kembangkan system peternakan yang berkesinambungan yang berwawasan ekologi dan ekonomis.(baca juga : Fungsi Lisosom)

Manfaat Biologi di Bidang Peternakan

Biologi dalam bidang ilmu adalah ilmu dasar sehingga  dapat memberikan pemahaman dan manfaat bagi yang mempelajarinya. Manfaatnya yaitu :

  1. Meningkatkan pemahaman secara lebih mendalam untuk diri sendiri
  2. Biologi juga dapat dijadikan untuk meningkatkan taraf hidup
  3. Meningkatkan sumber daya hayati yang ada di dalam muka bumi ini sebagai salah satu pemenuh kebutuhan untuk manusia
  4. Memberikan perlindungan terhadap sumber daya hayati  agar tidak dapat punah
  5. Menjadikan manusia sebagai subyek untuk melakukan disvertifikasi  terhadap sumber daya hayati sehingga dapat memperoleh  sumber baru yang berbeda.

Mempelajari biologi secara mendalam dapat memberikan  pemahaman yang luar biasa sehingga dapat untuk membuat makhluk makhluk rekayasa seperti ikan ikan yang menyala didalam kegelapan  hal ini dikarenakan ikan tersebut gen nya di campuri dengan salah satu unsur kima yaitu fosfor. ( baca juga : Jenis-jenis Hewan Mamalia )

Untuk itu biologi sangat membantu di dalam bidang peternakan. salah satu bidang yang mana terdapat hewan hewan untuk dilestarikan karena dapat membantu manusia untuk melangsungkan hidup nya. biologi membantu dalam bidang peternakan untuk:

  1. Melakukan rekayasa terhadap hewan hewan sehingga memiliki bibit yang unggul atau dapat melahirkan calon calon yang terbaik.
  2. Hal yang paling mendasar dalam pemanfaatan hewa ternak yaitu dengan memanfaatkan apa yang ada didalam hewan ternak tersebut seperti:
    • hasil dari telur telur ayam
    • susu dari sapi
    • jasa dari kuda
    • Pembajakan dari kerbau
    • Menjaga lingkungan disekitar

Berikut adalah manfaat biologi di bidang peternakan yang harus anda ketahui agar suatu saat nanti jika anda ingin memulai untuk beternak anda sudah tahu apa yang nanti nya akan anda dapatkan.

Golongan Peterakan

Kegiatan yang dapat dilakukan dibidang peternakan dapat dibedakan menjadi tiga macam golongan yaitu :

  • Peternakan hewan besar

Peternakan hewan besar seperti kerbau,kambing,sapi  biasanya hewan hewan ini dimanfaatkan untuk tenaganya dan juga hasil dari hewan yang diternak tersebut seperti sapi yang dapat dimanfaatkan susunya untuk dapat dijual kembali sedangkan untuk tenaganya  seperti kerbau yaitu untuk pembajakan sawah.

  • Peternakan hewan kecil

Peternakan hewan kecil seperti domba dan juga kelinci. Golongan yang ini biasanya dimanfaatkan untuk segi  finansialnya  seperti penjualan kelinci kelinci baik induknya maupun anaknya.

  • Peternakan hewan unggas

Peternakan hewan unggas seperti ayam dan juga burung . pemanfaatan dari segi ini seperti penjualan telur telur ayam. (baca juga : Manfaat Hewan Bagi Manusia )

Pemeliharaan Hewan Ternak

Setelah berbagai macam bahasan mengenai hewan ternak, bagaimana  dengan pemeliharaan yang baik pada hewan ternak ?  Istilah pemeliharaan itu sendiri yaitu menjaga,merawat agar hewan ternak yang kita pelihara dapat terawatt dengan baik terhindar dari adanya penyakit,kesehatannya lebih terjaga lagi . untuk itu disini merupakan penjabarannya:

  • Pemberian Pakan

untuk hewan ternak harus terpolakan seperti pemberian nutrisi nya harus cukup dan menggunakan bahan bahan yang alami sehingga makan ini dapat memiliki kualitas makanan yang tinggi seperti pellet ikan, konsentrat,vour atau juga pour biasanya makan ini diberikan untuk hewan ternak unggas sedangkan untuk hewan Rumninasia seperti hewan sapi dan juga kambing makanannya dengan bahan fermentasi (suatu proses produksi yang terjadi dialam sel dalam keadaan tanpa oksigen) seperti tape ataupun peyeum.

  • Lingkungan Hewan Ternak

Sebelum memeliharan hewan ternak tersebut kita juga harus dapat memastikan dengan baik bahwa hewan tersebut dapat berlangsung hidup dengan baik di lingkungan yang kita tinggali. (Baca juga : Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan)

  • Mempersiapkan Dokter Hewan

Jika anda seorang peternak yang memiliki keterbatasan pada ilmu ilmu yang luas tentang peternakan maka anda harus mempersiapkan dokter/ konsultan yang ahli dalam bidang peternakan untuk menjaga kesehatan atau pemeliharaan yang baik mengenai hewan yang diternak tadi.

  • Melindungi Hewan Ternak

Sesuai dengan peraturan daerah no 3 tahun 2010 tentang penertiban hewan ternak  yang isinya yaitu menempatkan hewan ternak di dalam kandang atau pagar. Hal ini tujuannya untuk menjaga agar hewan ternak dapat terurus dengan baik dan juga memberikan perlindungan bagi hewan hewan.

  • Pemberian Vaksin

Pemberian vaksinasi kepada hewan yang diternak untuk menghindari adanya penyakit hewan yang menular dikhususkan untuk kucing,anjing dan juga kera diberikan vaksinasi rabies minimal 1 tahun sekali.

  • Memberi Vitamin

Pemeliharaan selanjutnya yaitu dengan memberikan vitamin agar hewan yang diternak tersebut dapat terlihat lebih bugar. (Baca juga : Peranan Virus yang Menguntungkan dan Merugikan Makhluk Hidup)

  • Keluasan Tempat Tinggal Hewan

Kandang dari hewan yang diternak tidak boleh terlalu banyak hewan ternak hal ini dapat menyebabkan hewan ternak keleluasaan untuk bergerak dan juga bernapas.

Berikut adalah cara – cara yang harus anda perhatikan untuk memelihara hewan ternak. Untuk menghasilkan hewan ternak yang baik juga anda harus menggunakan dan mematuhi tips – tips yang sudah di jelaskan seperti di atas.

Revolusi Peternakan

Dalam dunia peternakan kita memerlukan adamya revolusi untuk meningkatkan kesejahteraan dalam bidang peternakan hewan hewan biasanya dimanfaatkannya hanya pada bentuk yang nyata seperti pemanfaatan telur ayam,susu sapi dan banyak juga lainnya . Peternak juga dapat dibedakan menjadi peternak mandiri dan juga peternak plasma . peternak mandiri  itu memberikan pakan kepada hewan ternak.

Baca juga :


Penerapan Ilmu Biologi dalam Peternakan

Dalam dunia peternakan , ilmu ilmu biologi seperti zoology,anatomi hewan,fisiologi hewan,genetika,biologi reproduksi ,embriologi dan juga yang lainnya. Didalam penerapan ilmu embiologi di dalam bidang peternakan membuat hewan ternak memiliki banyak sekali manfaat atau veritas yang unggul  seperti ayam yang banyak sekali menghasilkan telur, ayam menghasilkan dagingnya yang banyak, sapi penghasil banyak susu dan juga yang lainnya . untuk membuktikan penerapan dari ilmu biologi itu sendiri maka dengan ini akan dijelaskan secara lebih lanjut dari penerapan itu sendiri. (baca juga : Kebutuhan Makhluk Hidup )

Salah satu teknik yang digunakan adalah :

1. Teknik hibrida atau perkawinan silang

Teknik ini dilakukan oleh 2 hewan yang dimanfaatkan dengan tujuan untuk memberikan suatu ketahanan terhadap lingkungan dan juga untuk mendapatkan salah satu sifat yang unggul diantara kedua hewan ternak tersebut. Contoh hewan yang  di lakukan dengan teknik hibrida yang telah di teliti oleh institute pertanian bogor adalah merupakan persilangan dari ikan patin jambal  dan juga ikan patin siam yang tumbuhnya lebih cepat serta dengan persilangan ini menghasilkan daging yang banyak  dengan tekstur yang disukai oleh semua orang. Contohnya :  liger yang merupakan hasil hibrida dari singa jantan dan juga harimau betina yang berasal dari 1 gen walaupun berbeda spesies  yaitu gen panthera.

Baca juga :

2. Teknik kawin suntik ( inseminasi buatan )

Teknik kawin suntik yaitu suatu proses dengan  memasukan sperma hewan  ternak jantan  ke dalam Rahim hewan betina. Kesempatan untuk mendapatkan suatu kehamilan yaitu sekitar 5-25%. terobosan ini dilakukan di dalam bidang peternakan untuk dapat memperbaiki keturunan yang unggul, serta juga merubah sel genetika dan fenotipe pada  hewan ternak. Untuk mendapatkan calon anak dengan mutu yang unggul perlunya diperhatikan seperti  pakan nutrisi sebelum dan juga sesudahh di inseminasi, usia calon induk,  waktu dilakukan inseminasi ,organ reproduksi dari calon induk dan juga proses inseminasi yang baik dan juga benar .  contohnya : sapi brangus yang di kawin suntikan dengan sapi bali sehingga dapat menghasilkan sapi dengan ukuran yang sangat besar.

3. Teknik Superovulasi

merupakan teknik untuk dapat meningkatkan ovulasi . caranya dengan menyuntikan hormone FSH  untuk memperbanyak jumlah folikelnya. Contohnya adalah yaitu digunakan pada sapi sapi betina.

baca juga :

4. Teknik Fertilisasi in Vitro

yaitu teknik yang digunakan adalah embro disimpul di luar uterus tetapi sebelum  di tanam di dalam Rahim, embrio ini di simpan  dalam waktu yang telah ditentukan dengan suhu – 196 derajat celcius pada nitrogen cair. Contohnya :  yaitu sapi betina dengan sapi jantan biasanya untuk melakukan teknik ini di perlukan  untuk ke rumah pemotongan  hewan ( RPH ) karena   dibuahi di luar embrio.

Berikut adalah info bagi anda semua tentang manfaat biologi di bidang peternakan yang akan membantu anda untuk mengetahui manfaat – manfaat yang akan sangat berguna bagi anda dan bisa anda manfaatkan dalam kehidupan.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Peternakan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!