Sponsors Link

Fungsi Enzim Musin

Pernahkah Anda mendengar enzim mucin? Sebagian besar orang masih asing dengan nama enzim yang satu ini, padahal enzim ini peranannya tidak kalah penting dibandingkan dengan enzim-enzim lain yang ada dalam sistem pencernaan. Banyak juga beberapa orang yang menganggap bahwa musin bukanlah sebuah enzim. Sebagian orang menganggap bahwa musin hanya salah satu jenis zat yang terkandung dalam asam lambung. Hal tersebut mengisyaratkan seolah-olah enzim musin hanya berada di lambung. Benarkah demikian? Mari bersama-sama kita bahas mengenai fungsi enzim musin beserta hal-hal yang berkaitan dengan enzim musin.

Enzim di dalam pencernaan

Sistem pencernaan kita memiliki lebih dari sepuluh macam enzim pencernaan. Setiap enzim memiliki peranan masing-masing dalam membantu proses pencernaan. Agar tubuh kita bisa berfungsi sebagaimana mestinya maka diharuskan kita menkonsumsi berbagai macam nutrisi untuk cara memelihara kesehatan rangka tubuh. Akan tetapi berbagai macam zat-zat pada nutrisi yang kita konsumsi tidak dapat berfugsi apabila tidak diolah oleh sistem pencernaan kita. Dalam kinerja pencernaan tersebut organ pencernaan akan dibantu oleh berbagai enzim pencernaan. Berbagai jenis enzim pencernaan itu meliputi enzim dalam rongga mulut, lambung, pankreas, dan usus halus. Setiap enzim memiliki tugas yang berbeda-beda namun tetap berkesinambungan.

Fungsi enzim musim yaitu dapat berfungsi untuk melicinkan makanan hingga bisa diteruskan ke usus. Setelah mengetahui fungsi dari enzim musin tersebut penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang harus kita lakukan untuk menjaga kinerja enzim musin.

Cara Menjaga Keteraturan Enzim Musin

Musin merupakan salah satu zat yang terkandung dalam getah lambung. getah lambung memang sebagian besar terdiri atas air (99,4%), namun sisanya terdiri dari zat-zat lain, salah satunya adalah musin yang sedang kita bahas. Tapi apakah hanya di lambung saja? Jawabannya adalah tidak. Musin juga bisa dihasilkan di rongga mulut. Sebagian besar orang yang tidak terlalu memahami dunia kesehatan akan ragu mengenai hal ini, sebab hampir sebagian besar artikel di berbagai blog menyebutkan bahwa enzim musin berada dan dihasilkan oleh dinding lambung. Padahal enzim musin juga dihasilkan di dalam rongga mulut. Perlu diketahui bahwa rongga mulut kita mengandung saliva. Saliva tersebut sebagian besar terdiri atas air (99,3%). Lalu 0,7% merupakan zat apa? 0,7% saliva tersebut merupakan zat padat yang meliputi zat organik dan zat anorganik. Dalam zat organik itulah enzim musin terkandung. Jadi sebelum kita melangkah lebih jauh harus dipahami lebih dulu bahwa enzim musin dihasilkan di rongga mulut dan lambung.

Secara umum enzim musin akan bekerja dengan baik ketika tubuh kita juga terjaga kesehatannya. Untuk itu jagalaha kesehetan tubuh dengan cara-cara berikut.


1. Menjaga Asupan Makanan – Anda pernah mendengar orang sakit maag? Biasanya penyakit tersebut timbul karena asam lambung yang berlebihan. Salah satu zat yang terkandung dalam asam lambung adalah musin. Maka penting bagi kita untuk menjaga pola makan dan jenis makanan apa saja yang baik untuk sistem pencernaan kita.

2. Minum Air Putih Secara Cukup – Musin terdapat pada enzim yang sebagian besar terdiri atas air. Maka minum air putih secara cukup sangat dianjurkan agar kinerja musin tetap optimal.

3. Olah Raga Cukup dan Teratur – Olah raga yang cukup dan teratur dapat membantu kinerja sistem pencernaan Anda lebih optimal dan menjaga tubuh Anda tetap bugar sehingga kinerja dari enzim musin juga tetap terjaga.


4. Hindari Rokok – Menghindari rokok tidak hanya menghindari untuk merokok itu sendiri, tetapi kita juga harus menghindari lingkungan yang memiliki banyak asap rokok. Asap rokok akan menyebabkan tubuh kita mudah terkena radikal bebas sehingga kinerja tubuh terutama sistem pencernaan pada sistem ekskresi akan terganggu.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia