Sponsors Link

Kapasitas Vital Paru Paru Manusia

Seperti hewan dan tumbuhan, manusia juga perlu bernapas untuk bisa bertahan hidup. Melalui udara yang di hirupnya dari luar tubuh, manusia bisa bernapas. Mereka akan mengambil oksigen dari luar, kemudian di masukkan ke dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan fisiologisnya. Kemudian hasil dari pemenuhan kebutuhan fisiologis nantinya adalah zat sisa yang berupa karbon dioksida dan juga uap air.

Oksigen yang kita dapatkan dari luar berasal dari pohon pohon dan tanaman. Mereka mengadakan proses fotosintesis untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti manusia, hanya saja pohon memerlukan karbon dioksida untuk memasak makanan. Sedangkan manusia memerlukan oksigen untuk pembakaran di dalam tubuhnya. Hasil dari masakan makanan yang di lakukan oleh tumbuhan ini berupa oksigen, yang mana di butuhkan oleh manusia. Maka antara manusia dan tumbuhan seperti bertukar posisi yang saling menguntungkan.

Apakah lingkungan dan polutan menjadi masalah udara?

Selain manusia, industri pun juga mengeluarkan gas hasil sisa industri. Misalnya karbon dioksida, gas CFC, klorin, dan lain sebagainya. namun keberadaanya bisa di netralisir dengan keberadaan dari pepohonan. Sebab oksigen mampu mengatasi gas yang tidak baik tadi.

Itulah mengapa di setiap ruangan yang tertutup, hampir semua di tulis ‘di larang merokok’. Karena mereka takut gas yang di hasilkan dari sisa merokok tidak bisa keluar. Mereka akan keliling mengitari ruangan, dan menyebarkan racun di sana. Untuk itu, biasnya tempat umum yang memperbolehkan merokok akan di berikan tempat dan fasilitas khusus.Misalnya di biarkan merokok di ruangan terbuka. Sehingga racun akan segera di netralisir oleh tumbuhan dan tanaman yang ada di sana. Hal ini akan lebih aman bagi kondisi manusia.

Apakah semua udara yang ada di luar mampu di hirup oleh manusia?

Tentu saja tidak semua udara yang ada di luar bisa di hirup oleh manusia. Misalnya seperti helium, argon, neon, hidrogen, natrium, dan lain sebagainya. meskipun ini termasuk golongan udara yang mana berada di alam, tapi manusia tidak mampu menghirup mereka. Hanya oksigen saja yang mampu di hirup manusia. Karena oksigen lah udara yang di di butuhkan oleh manusia.

Jika lebih di spesifikkan lagi, tidak semua oksigen mampu di hirup oleh manusia. Mereka hanya mampu menampung beberapa liter saja dalam sekali hirup. Bayangkan saja, jika sampai mereka mampu merampas semua oksigen yang ada di dalam bumi. Betapa panas dan sesaknya dunia. Apalagi manusia yang semakin lama semakin banyak jumlahnya. Apakah oksigen yang di hirup oleh manusia bisa habis? Tentu saja bisa. Jika pohon pohon, si penghasil utama oksigen pun habis pula. Jika keberadaan tanaman, pepohonan di tebangi demi perluasan lahan industri atau lahan lainnya, maka oksigen juga ikut terbatas. Boleh jadi tidak bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Apa sajakah kapasitas vital paru paru manusia?. Berikut adalah beberapa bagian kapasitas vital paru-paru manusia :

  1. Kapasitas inspirasi

Di sebut dengan kapasitas inspirasi adalah jumlah antara volume tidal dengan volume cadangan inspirasi. Total dari kapasitas insprasi ini sekitar 3500 mili liter. Sebanyak inilah udara yang dapat di hirup oleh manusia setelah melakukan ekspirasi normal sampai mengembangkan paru  paru pada jumlah maksimum. Pada laki laki mampu melakukan kapasitas inspirasi sebanyak 3800 liter. Sedangkan pada wanita hanya mampu 2400 liter

  1. Kapasitas residu fungsional

Merupakan total udara yang tersisa di dalam paru paru saat ekspirasi normal berakhir. Jumlahnya sekitar 2300 mili liter. yakni total hasil volume cadangan ekspirasi dengan volume residu. Biasanya pada laki laki mampu melakukan kapasitas residu fungsional sebanyak 2200 liter, serta pada wanita mampu melakukan kapasitas residu fungsional sebanyak 1800 liter.

  1. Kapasitas vital

Merupakan total volume cadangan inspirasi atau udara komplementer di jumlah dengan volume tidal serta volume cadangan ekspirasi atau udara suplementer. Biasanya juga di sebut dengan jumlah udara maksimum. Sebanyak inilah udara yang mampu dikeluarkan manusia dari paru parunya. Namun sebelumnya, ia sudah mengisi paru paru secara maksimum. Lalu melepaskan sebanyak banyaknya. Jika di ukur, mungkin sebanyak 4600 mili liter. Pada laki laki mampu melakukan kapasitas vital sebanyak 4800 liter, sedangkan pada wanita hanya mampu melakukan 3100 liter saja.

  1. Kapasitas paru paru total

Merupakan volume maksimal yang mampu mengembangkan paru paru sebesar besarnya, setelah sebelumnya melakukan inspirasi sekuat mungkin. Biasanya sekitar 5800 mili liter banyaknya. Total jumlah ini, serupa dengan kapasitas vital yang di jumlahkan dengan volume residu. Rata rata pada laki laki mampu melakukan kapasitas paru paru total sebanyak 6000 liter. Dan pada wanita hanya mampu melakukan sebanyak 4200 liter saja.


Banyaknya Udara yang Dapat di Tampung Manusia

Sudah di jelaskan bahwa manusia tidak bisa menampung semua udara dan oksigen yang ada di luar. Maka mereka hanya mampu menampung kapasitas beberapa liter saja. Tentu saja tingkat banyaknya kapasitas paru paru ini berbeda beda tiap orang. Di sesuaikan dengan jenis kelamin, usia, dan juga bentuk paru paru. Sama seperti anda yang makan nasi. Maka antara satu orang dengan orang lain akan memiliki porsi yang berbeda beda. Tergantung dengan seberapa muat perutnya menampung nasi.

Sama seperti ketika anda bernapas. Karena tidak bisa semua oksigen masuk ke dalam tubuh. Ini di sesuaikan dengan seberapa besar paru paru yang bisa menampung. Jika memang tulang dadanya besar, maka ia bisa mengembangkan dengan maksimal. Sehingga udara yang masuk juga banyak. (baca : fungsi paru-paru)

Apakah lingkungan dan polutan menjadi masalah udara?

Selain manusia, industri pun juga mengeluarkan gas hasil sisa industri. Misalnya karbon dioksida, gas CFC, klorin, dan lain sebagainya. namun keberadaanya bisa di netralisir dengan keberadaan dari pepohonan. Sebab oksigen mampu mengatasi gas yang tidak baik tadi.

Itulah mengapa di setiap ruangan yang tertutup, hampir semua di tulis ‘di larang merokok’. Karena mereka takut gas yang di hasilkan dari sisa merokok tidak bisa keluar. Mereka akan keliling mengitari ruangan, dan menyebarkan racun di sana. Untuk itu, biasanya tempat umum yang memperbolehkan merokok akan di berikan tempat dan fasilitas khusus. Misalnya di biarkan merokok di ruangan terbuka. Sehingga racun akan segera di netralisir oleh tumbuhan dan tanaman yang ada di sana. Hal ini akan lebih aman bagi kondisi manusia.

Volume paru paru manusia

Setiap manusia memiliki kapasitas total volume paru paru yang berbeda. Namun mereka pada umumnya memiliki volumes rata rata. Hal ini di sesuaikan dengan jenis kelamin dan juga usia seseorang. Alat yang di pakai untuk mengukur kapasitas paru paru di namakan spirometer. Kemudian di gunakan metode yang di sebut spirometri.

Caranya adalah dengan mencatat volume oksigen yang bisa masuk dan keluar dari dalam paru paru. Biasanya pada orang dewasa, total volume paru paru sekitar antara 5-6 liter.

Jenis parameter volume paru paru ukuran manusia dewasa :

  1. Volume udara tidal – Biasa di sebut dengan pernapasan biasa. Pada jenis volume ini, jumlah udara yang masuk atau di inspirasi atau keluar di ekspirasi setiap kali manusia bernapas secara normal. Total volume yang di capai Sekitar 500 mili liter baik ia adalah dewasa laki laki maupun wanita.
  2. Volume cadangan inspirasi atau volume udara komplementer – Di namakan pula dengan volume cadangan saat sekali hirup. Pada jenis volume udara lebih atau ekstra yang dapat di inspirasi, atau di hirup setelah volume tidal normal bila dilakukan inspirasi mencapai 3000 mili liter. Biasanya pada laki laki bisa mencapai 3300 liter dalam sekali hirup. Sedangkan pada wanita hanya mampu menghirup sebanyak 1900 liter.

  3. Volume cadangan ekspirasi atau volume udara suplementer – Sama dengan volume cadangan inspirasi, bedanya pada jenis ini merupakan colume cadangan saat menghembus. Volume cadangan ekspirasi ini merupakan udara yang ada di dalam tubuh masih bisa dikeluarkan, bahkan sesudah melakukan ekspirasi (pernapasan biasa) hingga mencapai ekspirasi maksimal. Total rata rata volume cadangan ekspirasi yang bisa di capai sekitar 1200 liter. Biasanya pada laki-laki mampu mengeluarkan udara sekali hembus sampai 1.000 mili liter. Sedangkan pada kaum hawa, hanya sampai mengeluarkan 700 mili liter.
  4. Volume udara residu – Pada volume udara jenis ini biasanya di namakan udara tetap. Yakni merupakan udara yang masih ada dalam paru paru. Bahkan setelah manusia tadi melakukan ekspirasi yang paling kuat. Besar volume udara ini rata rata sebanyak 1.200 mili liter. Pada laki laki bisa mencapai 1200 mili liter isi udaranya. Sedangkan pada wanita hanya sampai 1100 liter saja.

Kapasitas paru paru manusia

Selain ada volume total, paru paru manusia juga memiliki kapasitas vital. Maksudnya adalah total penjumlahan, baik antara dua volume paru paru atau lebih. Untuk mengetahui kapasitas paru paru, anda bisa menjumlahkan antara Volume Cadangan Inspirasi dengan Volume Cadangan Ekspirasi serta Volume Tidal.

Jika di rumuskan, agar lebih mudah adalah sebagai berikut :

VC=IRV+ERV+TV

Keterangan :

  • VC = Vital capasity / kapasitas vital
  • IRV = Inspirati residual volume
  • ERV = Expirati residual volume
  • TV = Tidal volume

Bisa di katakan bahwa Kapasitas vital paru paru merupakan volume udara yang bisa dikeluarkan oleh paru paru, setelah melakukan ekspirasi maksimal. Hal ini bisa di lakukan yang sebelumnya sudah melakukan inspirasi maksimal dahulu.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!