Sponsors Link
     Sponsors Link

14 Macam Macam Vitamin dan Fungsinya

Sponsors Link

Macam-macam vitamin dapat ditemukan dari berbagai bahan makanan yang sering digunakan dan diolah sehari-hari. Definisi dari vitamin sendiri adalah salah satu jenis dari gizi yang proses penyusunannya tidak bisa dilakukan sendiri oleh tubuh, namun bisa masuk dalam tubuh bersamaan dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Vitamin tidak dapat memberikan suatu energi di area dalam tubuh atau pun berfungsi sebagai zat yang digunakan untuk membangun tubuh.

ads

Baca juga :

Macam Macam Vitamin

macam-macam-vitaminVitamin sangat dibutuhkan untuk mendukung proses-proses di area dalam tubuh agar bisa berjalan secara normal. Selain itu vitamin juga sangat berguna dan mempunyai peran yang cukup penting dalam melakukan proses pengaturan terhadap jalannya metabolisme pada tubuh. Oleh karena itu semua makhluk hidup yang ada di bumi sangat memerlukan asupan vitamin bagi perkembangan tubuhnya. (baca juga : sistem rangka manusia)

Beberapa macam vitamin yang ada saat ini juga memiliki peran masing-masing yang sangat spesifik dalam upaya membantu proses pemeliharaan kesehatan, petumbuhan dan juga perkembangan pada tubuh kita.

Jika tubuh kita mengalami kekurangan terhadap salah satu vitamin saja, maka kesehatan tubuh akan menjadi terganggu dan mudah terserang penyakit. Namun dengan begitu pentingnya keberadaan vitamin untuk tubuh kita, ternyata jumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh kita hanya sedikit saja. (baca juga : pewarisan sifat)

Karena jika terlalu banyakpun vitamin akan larut dan terbuang bersamaan dengan keluarnya urin dari dalam tubuh kita. Keberadaan vitamin pun juga tidak bisa digantikan dengan senyawa-senyawa lainnya. Jadi tubuh kita mutlak membutuhkan zat yang bernama vitamin. (baca juga : metabolisme seluler)

Berikut ada beberapa macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menunjang proses metabolisme tubuh, penjelasannya sebagai berikut :

1. Vitamin A

Vitamin A  merupakan salah satu vitamin yang tergolong ke dalam bagian dari vitamin yang larut dalam lemak. Nama lain dari vitamin A yakni retinol. Jika anda mengalami gangguan seperti halnya pada penglihatan, katarak, rabun senja dan juga menurunnya daya tahan tubuh berarti anda kemungkinan terjadi kekurangan asupan vitamin A dalam tubuh anda sehingga anda merasakan gangguan-gangguan tersebut. (baca juga : sistem muskuloskeletal)

Berikut sumber-sumber dari vitamin A :

  • Vitamin A dari sumber hewani merupakan vitamin yang bisa diperoleh dari hewan. Contohnya seperti kuning telur, susu, hati, minyak ikan, mentega dan lain sebagainya.
  • Vitamin A dari sumber nabati merupakan vitamin yang bisa diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya seperti karoten (bisa diperoleh dari sayur-sayuran yang mempunyai warna hijau) dan buah-buahan yang mempunyai warna dasar kuning yakni pisang, wortel, pepaya dan lain sebagainya.

Fungsi dari vitamin A bagi tubuh kita, penjelasannya sebagai berikut :

  • Mendukung dalam menentukan kualitas penglihatan mata kita.
  • Salah satu komponen yang membantu dalam menyusuh pigmen pada mata.
  • Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.
  • Sebagai zat untuk kekebalan tubuh.
  • Mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anggota tubuh.
  • Baik untuk digunakan dalam menjaga kesehatan kulit.

2. Vitamin B

Macam-macam vitamin lainnya yakni Vitamin B. Vitamin B merupakan vitamin yang tergolong dalam kategori vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini terbagi menjadi beberapa kelompok yakni peranan utama tetap sama, yakni ikut ambil bagian dalam upaya membantu suatu proses metabolisme pada tubuh seperti halnya pelepasan energi dari tubuh kita ketika melakukan rutinitas dan aktivitas sehari-hari. (baca juga : sistem peredaran darah pada manusia)

Kemudian memiliki peran sebagai senyawa koenzim yang mendukung dalam proses peningkatan laju reaksi terhadap proses metabolisme tubuh yang dilakukan dengan berbagai jenis sumber energi yang ada di dalam tubuh. Selain itu juga memiliki peran lain seperti membantu dalam upaya proses pembentukan sel darah merah. (baca juga : proses pembentukan urine)

Vitamin B berasal dari sumber hewani dan juga sumber nabati. Contoh dari vitamin B yang berasal dari sumber hewani yakni seperti susu, ikan dan lain sebagainya. Sedangkan contoh dari vitamin B yang berasal dari sumber nabati yakni seperti gandum, sayur-sayuran yang memiliki warna hijau dan lain sebagainya. (baca juga : sistem gerak pada manusia)

Berikut kategori dari vitamin B yang dapat digolongkan dari beberapa golongan, seperti misalnya :

  • Vitamin B1

Vitamin B1 juga sering disebut dengan nama lain yakni tiamin hidroklorida. Vitamin B1 juga ikut andil dalam metabolisme dalam tubuh yakni memiliki peran dalam upaya menjaga kondisi kesehatan pada kulit, membantu dalam suatu proses pembakaran yang terjadi pada zat karbohidrat sehingga akan menjadi energi di dalam tubuh kita. Selain itu juga membantu dalam suatu proses metabolisme lain seperti halnya metabolisme pada lemak dan juga metabolisme pada protein. (baca juga : fungsi asetilkolin)

Vitamin B1 bersumber dari hewani dan juga nabati. Contoh vitamin B1 yang berasal dari sumber hewani meliputi telur, susu, hati dan lain sebagainya. Sedangkan contoh vitamin B1 yang berasal dari sumber nabati meliputi keluarga kacang-kacangan, gandum, nasi dan lain sebagainya. (baca juga : sistem peredaran darah manusia)

  • Vitamin B2

Vitamin B2 juga sering disebut dengan nama lain yakni riboflavin. Fungsi dari vitamin B2 yang terdapat di dalam bagian tubuh mempunyai peran dalam proses metabolisme yakni digunakan sebagai suatu komponen seperti halnya koenzim flavin mononukleotida dan juga flavin adenine dinukleotida. (baca juga : fungsi hati dalam tubuh manusia)

Dalam hal ini kedua enzim tersebut memiliki peran penting untuk membantu proses regenerasi energi yang digunakan dalam tubuh, kemudian juga membantu proses oksidasi pada asam lemak dan juga memiliki peran lain seperti membantu dalam proses pembentukan sel darah merah serta digunakan untuk menyokong terjadinya proses pertumbuhan dari berbagai bagian organ tubuh meliputi bagian kulit, bagian rambut, dan juga bagian kuku. (baca juga : fungsi hati dalam sistem pencernaan)

Vitamin B2 bersumber dari hewani dan juga nabati. Vitamin B2 yang bersumber dari hewani contohnya seperti kuning telur, susu dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin B2 yang bersumber dari nabati contohnya seperti sayur-sayuran segar, kacang kedelai dan lain sebagainya. (baca juga : proses pencernaan makanan)

  • Vitamin B3

Vitamin B3 seringkali disebut dengan nama lain yakni niasin. Fungsi dari vitamin B3 yakni dalam proses metabolisme pada karbohidrat, protein, dan juga lemak sehingga bisa menghasilkan suatu energi. Selain itu juga memiliki peran dalam menstabilkan kadar gula dalam darah, penyembuhan pada migrain, dan juga menstabilkan tekanan darah serta menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. (baca juga : fungsi fotosintesis)

Vitamin B3 bersumber dari hewani dan juga nabati. Vitamin B3 yang bersumber dari hewani contohnya seperti daging unggas, hati,ikan, ginjal, dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin B3 yang bersumber dari nabati contohnya seperti gandum, kentang, dan lain sebagainya. (baca juga : ciri ciri tumbuhan asoka)

  • Vitamin B5

Vitamin B5 seringkali disebut dengan nama lain yakni asam pantotenat. Vitamin B memiliki fungsi yakni membantu dalam proses reaksi enzim yang ada di dalam tubuh, kemudian dalam proses reaksi pemecahan pada nutrisi makanan, digunakan sebagai neurotransmiter yang terdapat antara sistem saraf dan juga otak, serta bisa membantu proses terjadinya produksi suatu senyawa asam lemak dan juga hormon pada tubuh. (baca juga : ciri ciri tumbuhan)

Vitamin B5 bersumber dari hewani dan juga nabati. Vitamin B5 yang bersumber dari hewani contohnya seperti daging, hati, susu, ginjal dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin B5 yang bersumber dari nabati contohnya seperti kacang hijau, sayuran hijau dan lain sebagainya. (baca juga : hama dan penyakit pada tumbuhan)

  • Vitamin B6

Vitamin B6 seringkali disebut dengan nama lain yakni piridoksin yang mempunyai sifat esensial untuk mendukung pertumbuhan tubuh. Vitamin B6 memiliki fungsi dalam membantu proses sintesis energi, dalam proses metabolisme pada nutrisi, dan juga dalam proses produksi antibodi dalam tubuh untuk kemampuan sistem imun. (baca juga : contoh tumbuhan monokotil dan dikotil)

Vitamin B6 bersumber dari hewani dan juga nabati. Vitami B6 yang bersumber dari hewani contohnya seperti daging, ikan dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin B6 yang bersumber dari nabati contohnya seperti kacang-kacangan, jagung, beras dan lain sebagainya. (baca juga : contoh tumbuhan gymnospermae)

  • Vitamin B7

Vitamin B7 adalah salah satu vitamin yang sering di sebut dengan biotin. Vitamin B7 ini memiliki fungsi yang bisa untuk melancarkan metabolisme energi dalam tubuh manusia, membantu menurunkan berat badat, membantu untuk merawat rambut dan juga perawatan kuku, selain itu juga bisa menjaga kadar gula yang berada di dalam darah. Vitamin B7 ini bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsi kacang-kacangan, konsumsi gandum, konsumsi telur, konsumsi wortel, konsumsi keju dan ikan salmon.

Kekurangan vitamin B7 juga tidak bagus karena bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti :

  • Hyperesthesia
  • Deramatitis
  • Pharesthesia
  • Anemia
  • Gangguan fungsi jantung, dll

Berikut adalah penjelasan dari vitamin B7 yang sangat memiliki fungsi penting bagi tubuh kita dan kita juga harus melengkapi tubuh kita dengan beberapa vitamin yang di perlukan.

  • Vitamin B9

Sudah banyak orang yang tidak asing lagi dengan vitamin B9, B9 ini juga sering disebut dengan asam folat. Vitamin B9 ini memiliki fungsi tersendiri yaitu:

  • Pembentukan Sel Darah Merah
  • Perkembangan Bayi
  • Perbaikan DNA
  • Mengoptimalkan Fungsi Otak
  • Membentuk Jaringan Tubuh
  • Membantu Pertumbuhan Rambut

Jika anda mengalami kekurangan vitamin B9 ini maka fungsi otak anda akan terganggu dan anda akan terkena penyakit seperti sariawan, diare, gangguan pertumbuhan tulang belakang. Untuk mendapatkan vitamin B9 ini anda bisa mengkonsumsi biji bunga matahari, mengkonsumsi selada, kacang – kacangan, semangka, bayam, hati, kuning telur.


  • Vitamin B12

Vitamin B12 seringkali disebut dengan nama lain yakni kobalamin. Nah vitamin ini beda dari jenis vitamin B yang lainnya karena hanya dihasilkan oleh hewan dan tentunya tidak bisa ditemukan pada tumbuhan. Vitamin B12 memiliki peran dalam membantu proses metabolisme pada energi tubuh, melakukan pemeliharaan terhadap tingkat kesehatan pada sel saraf, dan juga dalam membantu proses pembentukan DNA atau pun RNA.Vitamin B2 bersumber dari hewani saja, contohnya seperti daging, hati, telur dan lain sebagainya.

3. Vitamin C

Vitamin C seringkali disebut dengan nama lain yakni askorbat yang larut dalam air. Vitamin C sendiri mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Vitamin C mempunyai peran sebagai pendorong dalam proses pembentukan kolagen. Kolagen ini merupakan suatu protein yang membentuk jaringan pada kulit, tulang, sendi, dan juga berbagai jaringan penyokong terkait. (baca juga : contoh mutasi pada tumbuhan)

Selain itu juga merupakan antioksidan alami yang sering digunakan dalam upaya menangkal radikal bebas yang mungkin akan bebas masuk ke dalam bagian-bagian dari tubuh kita. Nah, dengan demikian akan bisa menurunkan resiko terhadap berbagai macam penyakit yang bersifatdegeneratif. Vitamin C bersumber dari nabati contohnya seperti jeruk, semangka, tomat, sayur-sayuran dan lain sebagainya. (baca juga : organel sel)

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D sangat mempengaruhi kondisi dari bagian-bagian tulang yang ada pada tubuh kita. Fungsi dari vitamin D sendiri adalah membantu dalam proses pertumbuhan tulang, membantu dalam suatu proses metabolisme pada kalsium dan juga mineral yang tentunya sangat penting untuk pertumbuhan bagian-bagian tulang. (baca juga : respirasi pada tumbuhan)

Vitamin D bersumber dari hewani dan nabati. Vitamin D yang bersumber dari hewani contohnya seperti susu, telur, ikan dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin D yang bersumber dari nabati bisa anda temukan pada bahan makanan contohnya seperti keju yang mungkin sering anda konsumsi setiap hari. (baca juga : pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan)


5. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E memiliki peran dalam menghasilkan anti oksidan alami bagi tubuh dan juga digunakan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat sehingga jaringan tubuh seperti halnya mata, sel darah merah, jaringan kulit dan juga hati tetap dalam kondisi yang baik tentunya. Selain itu vitamin E bisa digunakan dalam upaya menghambat atau pun mencegah proses penuaan dini. (baca juga : kelebihan perkembangbiakan vegetatif di banding generatif)

Vitamin E bersumber dari hewani dan juga nabati. Vitamin E yang bersumber dari hewani contohnya seperti ayam, kuning telur, ikan dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin E yang bersumber dari nabati contohnya seperti ragi, minyak tumbuh-tumbuhan dan lain sebagainya. (baca juga : sistem transportasi pada tumbuhan)

6. Vitamin K

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K memiliki peranan dalam membantu suatu proses pembekuan pada darah. Selain itu juga memiliki peran dalam membantu proses penutupan luka yang baru saja terjadi. Seperti halnya saat anda jatuh dari motor, vitamin K akan membantu menyembuhkan luka anda dengan syarat asupan vitamin K dalam tubuh anda cukup. (baca juga : jaringan penyokong pada tumbuhan)

Vitamin K bersumber dari hewani dan juga nabati. Vitamin K yang bersumber dari hewani contohnya seperti hati. Sedangkan Vitamin K yang bersumber dari nabati contohnya seperti kacang polong, buncis, brokoli, kol, sayur-sayuran yang memiliki warna hijau.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa macam-macam vitamin yang sudah saya jelaskan secara rinci di atas mungkin dapat membantu anda untuk mengetahui dan menggali lebih dalam lagi mengenai informasi seputar vitamin yang ada di kehidupan sehari-hari kita. Sampai disini dulu artikel kali ini yang membahas mengenai macam-macam vitamin. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 16th, June 2017 / 03:10 Oleh :
Kategori : Manusia